Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date28 February 2017 10:11 am
ByAdmin
Views916




Berita

Semangat Jalani Praktik Keperawatan Komunitas Dengan PKMD

Date28 February 2017 10:11 am
ByAdmin
Views916

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Sebanyak 91 mahasiswa Program Studi Keperawatan D3 Stikes Harapan Bangsa Purwokerto menjalani praktik keperawatan komunitas di Desa Majasari dan Desa Kembangan Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga pada 6 Februari sampai 5 Maret 2017. Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD).

Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Kepala Puskesmas Bukateja, Kepala Desa Majasari dan Kembangan beserta Wasis Eko Kurniawan, S.Kep M.PH, Dwi Novitasari S.Kep M.Sc yang merupakan dosen-dosen internal Stikes Harapan Bangsa Purwokerto turut hadir dan memberi pengarahan dalam praktik tersebut .  

Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan Stikes Harapan Bangsa Purwokerto, Reni Dwi Setyaningsih, S.KM, M.PH kepada Radarmas mengatakan, PKMD adalah serangkaian kegiatan masyarakat yang dilakukan berdasarkan asas gotong-royong, swadaya masyarakat dalam rangka menolong mereka sendiri untuk mengenal dan memecahkan masalah atau kebutuhan yang dirasakan oleh masyarakat.

"Baik dalam bidang kesehatan maupun dalam bidang yang berkaitan dengan kesehatan agar mampu memelihara kehidupannya yang sehat dalam rangka meningkatkan mutu hidup dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Program PKMD juga mengajak warga untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan berbagai kegiatan yang ada dalam program PKMD, para mahasiswa dapat memberikan penyuluhan mengenai masalah lingkungan mulai dari sampah, sanitasi, pengolahan limbah, kesehatan remaja, lansia serta ibu dan anak.

"Diharapkan dengan program PKMD, desa dapat menjadi desa yang sehat, baik lingkungan maupun warganya," sambung dia.

Pokok-pokok kegiatan PKMD yaitu yang pertama persiapan masyarakat yang terdiri dari pengenalan terhadap masyarakat dan pengenalan masalah melalui pengumpulan data (SDM), penyajian yang dapat dimengerti masyarakat dan penyelesaian masalah yang ada dengan prioritas yang perlu ditanggulangi, pembentukan kader dan pengorganisasian kader serta pelatihan kader kesehatan desa. Kedua perencanaan kegiatan PKMD dengan memilih prioritas masalah, menetapkan jenis kegiatan dan menyusun rencana kerja, Ketiga pelaksanaan kegiatan, keempat penilaian evaluasi PKMD, kelima pembinaan PKMD dan keenam perluasan program PKMD. (yda/bdg)


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu