Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date2 September 2017 10:04 am
ByAdministrator
Views83

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Senam Panggul Memperpendek Waktu Persalinan

Date2 September 2017 10:04 am
ByAdministrator
Views83

Senam Panggul Memperpendek Waktu Persalinan
Oleh : Surtiningsih, SST.,M.Kes *)

Kehamilan dan persalinan merupakan sebuah proses panjang yang diharapkan oleh setiap wanita menjadi pengalaman yang menyenangkan. Akan tetapi tidak sedikit persalinan menimbulkan trauma. Persalinan lama merupakan salah satu komplikasi yang sering terjadi dampak Pada ibu dengan persalinan lama lebih berisiko terjadi perdarahan karena atonia uteri, laserasi jalan lahir, infeksi, kelelahan dan syok, sedangkan pada janin dapat meningkatkan risiko asfiksia berat, trauma cerebral, infeksi dan cedera akibat tindakan.

Dibutuhkan latihan mobilitas dari ibu untuk menjaga agar ligamen tetap longgar, rileks, dan lebih banyak ruang untuk bayi turun kepanggul sehingga lama waktu persalinan kala I dan kala II dapat diperpendek dengan melakukan senam/exercises.
    
Salah satu senam yang dianjurkan adalah Senam panggul ibu hamil bertujuan untuk melatih otot pinggang, pinggul dan membantu penurunan kepala bayi agar masuk kedalam rongga panggul menuju jalan lahir. Hasil penelitian Senam Panggul  sangat efektif dalam memperpendek  lama waktu persalinan kala I dan kala II Rata-rata lama kala I pada Kelompok Perlakuan adalah 142  menit lebih cepat 135 menit dibandingkan yang tidak mengikuti senam panggul. 

Senam Panggul  efektif dalam memperpendek lama waktu Kala II persalinan ibu yang melakukan senam panggul rata-rata 29 menit  lebih cepat  18 menit dibandingkan yang tidak mengikuti senam panggul.(*/bdg)

*) Dosen SHB Purwokerto
 


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu