Universitas Harapan Bangsa
News & Info

UHB News

Information

Date10 June 2018 11:59 pm
ByHari Wicaksono
Views76

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

SHB Adakan Kegiatan Pengabmas Berikan Penyuluhan Penanganan Nyeri Haid


Date10 June 2018 11:59 pm
ByHari Wicaksono
Views76

PURWOKERTO - STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto terus melakukan pengabdian terhadap masyarakat (Pengabmas). Kali ini SHB Purwokerto menggelar pelatihan penanganan nyeri haid primer pada remaja. Kegiatan ini berlangsung di Karang Taruna Desa Ledug, Jumat (25/5) lalu.

Ketua Kegiatan Pengabmas, Rosi Kurnia Sugiharti, SST, M.Kes mengatakan, kegiatan ini dilatarbelakangi salah bentuk tri dharma seorang dosen. "Kegiatan ini diikuti 25 peserta yg kesemuanya adalah remaja," ujar Rosi.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pelatihan kepada remaja putri tentang bgmn cara mengatasi nyeri haid primer. Khususny dengan memanfaatkan minuman rempah jahe asam.

"Dalam kegiatan ini diberikan materi tentang remaja, nyeri haid primer, penanganan nyeri haid primer scr farmakologis atau nonfarmakologis," jelasnya. 

Dia mengatakan, penanganan farmakologis dapat dilakukan dengan pemberian obat analgesik, sedangkan pengobatan nonfarmakologis dapat dengan relaksasi, istirahat, kompres hangat dan minum ramuan jahe asam. 

Selain itu, peserta juga diberikan pelatihan tentang bagaimana cara membuat ramuan jahe asam. 

"Cara membuat ramuan jahe asam yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat yaitu jahe merah, gula merah, asam kawak, dan air putih," ungkapnya. Menurut dia, cara pembuatan pun sangat mudah,  yaitu dengan cara merebus semua bahan sebanyak 10 gram dalam 400 ml air. 

Kemudian ditunggu sampai mendidih dan didapatkan ramuan sebanyak 200 mililiter. "Minuman ini diminum setiap kali merasakan nyeri haid," katanya. Dalam proses monitoring peserta, diberikan ceklist untuk melihat keberhasilan dalam pembuatan minuman rempah jahe asam tersebut. 

"Jadi kegiatan ini bermanfaat untuk remaja dalam melakukan penanganan non farmakologis pada nyeri haid primerr secara mandiri dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal yg ada," pungkasnya. (ali)

LPPM 

Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu