Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News

Information

Date31 January 2019 9:12 am
ByHari Wicaksono
Views32

The Power of Positive Thinking

Berita
Date31 January 2019 9:12 am
ByHari Wicaksono
Views32

By Ita Apriliyani S.Kep M.Kep

SUDAH berapa kalikah anda berpikir postifi hari ini? Sebuah pertanyaan simple yang bisa jadi ada orang yang dengan mudah menjawab tapi dapat juga harus berpikir terlebih dulu untuk menjawabnya. Positive Thinking atau berpikir positif bagi kebanyakan orang sukses merupakan habbits yang ibarat vitamin bagi tubuh yang jika kadarnya berkurang akan mempengaruhi proses metabolisme tubuh. Berpikir positif merupakan salah satu terapi kognitif  yang dapat membuat seseorang menjadi lebih positif yakni dengan cara menilai segala sesuatu dengan melihat segi-segi positifnya. Kebiasaan berpikir positif yang dilakukan bertahap dan terus menerus, secara otomatis akan mempengaruhi jiwa untuk lebih waspada, mempengaruhi imajinasi untuk lebih kreatif, lebih antusias untuk lebih berkembang kearah lebih baik dan meningkatkan kekuatan kehendak yang dimiliki seseorang. Saat seseorang berpikir positif, akan mendorong orang tersebut untuk menghasilkan sikap mental yang positif  yang akan membantu individu membangung harapan serta mengatasi keputusasaan dan ketidakberanian (Hills 2009). Hasil penelitian yang dilakukan oleh Busseri (Busseri, 2009) menemukan bahwa orang yang berkarakter optimis cenderung lebih positif dalam mengevaluasi kehidupannya. Huffington Post (09/12) memberikan beberapa tips untuk selalu bisa berpikiran positif setiap hari.

1. Bersyukur

Jangan berfokus pada apa yang tidak anda miliki. Bersyukur atas hidup dan menghargai apa yang Anda miliki adalah peraturan pertama untuk selalu berpikir positif.

2. Pilih teman-teman yang supportif

Pilih teman-teman yang selalu memberikan dukungan, bersemangat, dan berpikir positif setiap hari. Cepat atau lambat, anda akan merasakan energi mereka mempengaruhi semangat anda.

3. Hilangkan drama

Mempunyai teman yang tidak tulus akan menjadi penyebab drama kehidupan. Berada terus bersama mereka bisa membuat pikiran negatif menenpel terus-menerus pada anda.

4. Ambil tanggung jawab

Kendalikan pikiran, perasaan, dan tindakan anda sendiri. Ketika ada hal buruk yang terjadi, katakan pada diri anda : "Aku bertanggung jawab pada perasaan dan pikiranku, dan aku memutuskan untuk merasa bahagia dan tegar."

5. Ubah 'Tidak Bisa' menjadi Bisa

Cobalah untuk mengubah struktur kalimat anda, yang negatif menjadi positif. Misalkan: "Kenapa pekerjaanku berantakan?" menjadi "Hasil kerjaku kali ini memang tidak memuaskan". Tapi selanjutnya aku pasti bisa lebih baik. "Jika terus diterapkan, hal ini bisa mengubah persepsi anda.

6. Berbuat Baik

Berbuat baik pada orang lain bisa membawa dampak besar bagi anda. Ingat ketika membantu orang lain memberikan rasa bahagia dan puas. Perasaan itu bisa membuat anda merasa lebih positif.

7. Lihat sisi baiknya

Cobalah cari sisi positif pada setiap situasi. Lebih fokus pada sisi positif sesuatu akan memberikan kekuatan besar pada diri anda untuk mengubah keadaan.

8. Istirahat

Istirahat bisa saja berarti memelankan langkah ketika berjalan, merenung sejenak tentang apa yang sudah anda lakukan, serta menyegarkan pikiran dari rasa khawatir dan cemas.

9. Tentukan tujuan

Menjadi kapten bagi diri dan keinginan Anda sendiri adalah suatu keharusan. Putuskan apa yang ingin anda lakukan.

10. Tertawa

Tawa mampu meredakan stres dan mengingatkan diri anda untuk tidak terlalu serius ketika ada masalah.

11. Menerapkan 10 cara diatas secara tekun akan menjadikan anda orang selalu berpikiran positif, bahagia, dan penuh syukur

Secara singkat kemampuan berpikir positif membantu karakter mental yang positif, optimis, kreatif, berkeyakinan dan membangun harapan tentang segala hal yang terjadi di lingkungannya. (*)

Motivasi Liputan Khusus 

Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu