Universitas Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date7 May 2018 3:25 pm
ByAdministrator
Views146

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita

Tingkatkan Keterampilan Kegawatdaruratan dengan BTCLS


Date7 May 2018 3:25 pm
ByAdministrator
Views146

PURWOKERTO - STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto menggelar pelatihan pertolongan pertama gawat darurat atau basic trauma cardiac life support (BTCLS) pada 26-29 April lalu. Pelatihan diikuti oleh 98 mahasiswa Program Studi Keperawatan D3 semester 6 dan 27 mahasiswaProfesi NErs. Kegiatan ini dipandu oleh dokter yang expert dan perawat berpengalaman serta bersertifikasi.

Sekretaris Program Studi Ilmu Keperawatan S1 SHB Purwokerto, Adiratna Sekar Siwi, S.Kep NS M.Kep kepada Radarmas mengatakan, kegiatan dimulai dengan pemaparan materi tentang kegawatan pada beberapa kasus mulai dari gangguan sistem kardiovaskuler, respirasi, persyarafan, muskuloskeletal dan lain-lain oleh dokter spesialis yang sesuai dengan bidang keilmuannya.

"Awalnya mahasiswa melakukan praktikum terkait tindakan kegawatan seperti BHD, pemeriksaan EKG, code blue, initial asessment, pembidaian pembalutan, evakuasi dan intubasi," katanya.

Adiratna menjelaskan, tujuan dari pelatihan BTCLS yaitu untuk meningkatkan keilmuan tentang kegawatdaruratan yang muncul di rumah sakit atau masyarakat, mengetahui penanganan kasus yang bersifat gawat darurat secara cepat dan tepat serta meningkatkan ketrampilan dalam penanganan kegawatan.

"Mahasiswa juga dikenalkan dengan penanganan yang harus dilakukan saat terjadi kegawatan seperti kondisi sesungguhnya," terang dia.

Diharapkan setelah selesai menempuh pendidikan, mahasiswa Stikes Harapan Bangsa Purwokerto siap siap terjun mengarungi dunia kerja dengan modal yang sudah diberikan saat pelatihan BTCLS dengan bidang kekhususan keperawatan gawat darurat. Adapun dokter yang bertindak sebagai pemandu ialah dr Panondang SpB dari BTCLS medical centre 119 yang berpusat di Jakarta, dr Handi SpAn, dan Siti Rohimah MKep. 

"Pelatihan ini rutin digelar sejak tahun 2011 untuk mahasiswa Keperawatan D3 semester akhir dan mahasiswa profesi Ners. Setiap tahun dilakukan 2 kali. 1 kali untuk D3 Keperawatan dan 1 kali profesi Ners," tutup Adiratna. (ali)


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu