Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date13 June 2017 11:02 am
ByAdmin
Views1598




Berita

Tingkatkan Pengetahuan Pubertas Bagi Remaja

Date13 June 2017 11:02 am
ByAdmin
Views1598

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Pengabdian pada masyarakat Stikes Harapan Bangsa Purwokerto kali ini mengangkat hal mengenai peningkatan pendidikan kesehatan tentang masa pubertas dan pembentukan kader remaja. Pengabdian pada masyarakat ini dipusatkan di SMPN 1 Baturaden, Kamis (8/6).

Ketua kegiatan, Susilo Rini S.ST M.Kes kepada Radarmas mengatakan, diangkatnya tema mengenai pubertas ini bertujuan meningkatkan pengetahuan remaja tentang masa pubertas terutama pada kader remaja sehingga mereka mampu menjadi konselor sebaya yang baik dan terampil bagi teman-temannya di sekolah.

"Peserta sebanyak 30 siswa-siswi perwakilan dari PMR dan Pramuka serta OSIS yang telah menjadi kader remaja di SMPN 1 Baturaden," katanya.

Rini menjelaskan materi yang diberikan meliputi definisi remaja itu sendiri, perubahan masa remaja, masalah remaja dan penanganannya, akibat seks bebas, HIV/AIDS beserta data fakta seputar kasus-kasus remaja. SMPN 1 Baturaden ditetapkan sebagai lokasi pengabmas karena sebelumnya ada literatur penelitian tahun 2013 dari mahasiswa Stikes Harapan Bangsa Purwokerto terkait pengetahuan siswa SMPN 1 Baturaden tentang masa pubertas. Penelitian itu menunjukkan masih ada 43 persen peserta yang pengetahuannya kurang.

"Dari hasil penelitian tersebut, saya terinspirasi untuk mengkaji ulang tahun ini dengan memberikan pendidikan kesehatan. Caranya memberi pretest posttest menggunakan kuisioner berisi pertanyaan tentang masa pubertas sehingga terlihat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah kegiatan," terang dia.

Dirinya menambahkan kedepan Kepala SMPN 1 Baturaden menyampaikan keinginannya agar dapat terus menjalin kerjasama yang ditandai dengan adanya MOu antara Stikes Harapan Bangsa Purwokerto dengan SMPN 1 Baturaden. "Respon dari kepala sekolah, guru, pendamping hingga peserta didik sampai akhir kegiatan sangat baik. Mereka cukup koperatif," tutup Rini. (yda/bdg) 

      

        


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu