Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date24 February 2023 8:23 am
ByReza Rokhadi
Views243




Berita

UHB Ajak Gen Z Jadi Pemimpin Teladan Lewat LDKS

Date24 February 2023 8:23 am
ByReza Rokhadi
Views243

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa (UHB) tidak henti-hentinya memberikan kontribusinya untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bertanah air. Kali ini, UHB mengajak generasi muda untuk memaksimalkan potensi mereka masing-masing, terutama di bidang yang digemarinya.

Meski demikian, semua hal tersebut tidak bisa langsung diaplikasikan secara langsung jika masing-masing masih bersifat individu. Maka dari itu diperlukan kerjasama tim yang apik untuk mewujudkannya. Untuk mencapai kerjasama tim yang bagus, diperlukanlah sosok pemimpin yang bisa mengkoordinir masing-masing bidang.

Dari latar belakang tersebut, UHB Purwokerto menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi siswa SMA/SMK di seluruh Kabupaten Banyumas. Kegiatan yang digelar pada Selasa, 14 Februari 2023 tersebut juga merupakan upaya Universitas Harapan Bangsa untuk mensosialisasikan rasa cinta tanah air kepada generasi muda saat ini, khususnya generasi Gen Z.

Kegiatan ini sekaligus menunjang program dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terkait wawasan kebangsaan, yakni mengenai profil pelajar pancasila

Selain sebagai ajang promosi Universitas Harapan Bangsa (UHB) untuk memperkenalkan Kampus 2 UHB kepada siswa-siswi SMK/SMA, kegiatan LDKS ini juga bertujuan untuk membentuk generasi pemimpin yang bisa diandalkan di masa depan. Terutama mengenai karakter yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Wakil Rektor II UHB, Dr. Yuris Tri Naili, S.H., K.N., M.H., melalui Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, yang juga Ketua Panitia LDKS, Tri Pujiani, M.Pd., mengatakan kegiatan ini lebih difokuskan pada pengembangan softskill yang dibutuhkan bagi para siswa SMA/SMK, sebelum nantinya mereka terjun langsung ke masyarakat.

Sebanyak 51 peserta yang berasal dari sejumlah SMA/SMK yang ada di Kabupaten Banyumas, turut berpartisipasi dalam kegiatan LDKS tersebut.

“Peserta yang datang rata-rata sudah punya basic mengenai keorganisasian. Sehingga sudah sangat familiar dengan konsep kepemimpinan. Mengingat kepemimpinan itu adalah bagaimana kita me-manage orang-orang di sekitar kita, agar bisa mengerjakan apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya demi mencapai tujuan bersama,” ungkapnya.

Adapun materi yang disampaikan dalam LDKS, lanjut Ani, diantaranya materi “Karakter Pemimpin Masa Depan Berwawasan Kebangsaan” yang disampaikan oleh Alan Bayu Aji, S.H., M.H. (Kaprodi S1 Hukum).

Lalu ada materi mengenai “Kepemimpinan dalam Manajemen Organisasi” yang disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Sosial UHB, Alfizi, S.E., M.M.

Dilanjutkan materi mengenai skill public speaking bertajuk “Are you a glossophobia?”, yang disampaikan Benny Krisbiantoro, M.Pd., yang juga merupakan Dosen Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris.

Dan terakhir materi mengenai penggunaan kata-kata positif yang harus dimulai dari seorang pemimpin lewat materi “The Power of Words” yang disampaikan Dr. Cahyo Budi Santoso,S.E., M.Ak., yang merupakan Dosen Prodi S1 Akuntansi.

Tidak hanya materi, kegiatan LDKS juga lebih menarik dengan rentetan permainan yang melatih kepemimpinan dasar, komunikasi, dan kerja sama tim. Dimana peserta LDKS dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak, sebelum diberikan quest atau tantangan dalam bentuk permainan yang menyenangkan.

“Jadi mereka yang awalnya tidak kenal, mau tidak mau harus berusaha bekerja sama untuk menyelesaikan tantangan. Nah disinilah dibutuhkan komunikasi dan kepemimpinan, serta kepercayaan satu sama lain, agar masing-masing kelompok bisa menyelesaikan tantangan dengan baik. Bukan sebagai individu, tetapi sebagai satu kesatuan,” paparnya. (yur)

Gen Z Kepemimpinan LDKS 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu