Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date1 August 2022 12:00 am
ByLPM UHB
Views90




Berita

Asesmen Lapangan Program Studi Farmasi Program Sarjana Universitas Harapan

Date1 August 2022 12:00 am
ByLPM UHB
Views90

Asesmen Lapangan Program Studi Farmasi Program Sarjana Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa telah dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan dalam Surat Tugas No.2045/ST.A/DA/06.2022 yaitu pada hari Kamis, 28 Juli 2022 sampai dengan Sabtu 30 Juli 2022.

Asesmen lapangan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari berturut - turut oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi (LAM-PTKes). Tim asesor yang ditugaskan oleh LAM-PTKes adalah Ibu Dr.Yustina Sri Hartini, M.Si., Apt. dan Ibu Dr. Laela Hayu Nurani, M.Si., Apt.

Selama masa pandemi Covid-19 pihak LAM-PTKes telah melakukan modifikasi terhadap penyelenggaraan asesmen lapangan, yaitu terdiri dari 2 (dua) pendekatan, yang pertama adalah secara daring (online) sedangkan yang kedua adalah secara hybrid (kombinasi daring dan tatap muka). Akan tetapi, merujuk pada Surat Edaran Pengurus No. 0402/SKU/SE/K/03.2022 tentang pemberlakuan kembali asesmen lapangan luring dengan protokol kesehatan yang ketat, maka asesmen lapangan bagi Program Studi Farmasi Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa dapat dilaksanakan secara tatap muka.

Pada hari pertama, asesmen lapangan dimulai pukul 13.30 WIB. Acara pertama adalah sesi pertemuan tim asesor dengan pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan Ketua Program Studi (Kaprodi). Presentasi mengenai kondisi yang terdapat di Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa disampaikan oleh Ibu Dwi Novitasari, S.Kep., Ns., M.Sc. selaku Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa. Acara selanjutnya adalah berdiskusi seputar kemahasiswaan, kerja sama, dan sumber daya manusia yang terdapat di Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa, serta diskusi dengan tim penyusun dokumen akreditasi untuk pengecekan dokumen dan sinkronisasi data.

Dalam rangka memeriksa lebih lanjut mengenai kecukupan dosen tentang pembelajaran, penelitian, dan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) maka tim asesor melakukan sesi wawancara dengan dosen Program Studi Farmasi dan dosen pembimbing laboratorium. Melalui sesi ini, tim asesor turut mengukur ketercapaian dan kesesuaian antara roadmap perencanaan dengan pelaksanaan, serta hasil output dan outcome-nya.

Untuk mengkonfirmasi tentang kinerja pelayanan dilaksanakan sesi wawancara dengan tenaga pelayanan akademik, sementara untuk mengkonfirmasi tentang keterlibatan mahasiswa dalam pencapaian prestasi, suasana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, serta pelayanan akademik maupun non akademik yang diterima oleh mahasiswa, maka tim asesor melakukan sesi wawancara dengan beberapa mahasiswa perwakilan setiap angkatan.

Hari kedua asesmen lapangan dimulai lebih awal, yaitu pukul 08.00 WIB. Sesi pertama pada hari kedua adalah wawancara tentang kompetensi alumni dengan pengguna lulusan dan alumni. Hal ini dilakukan untuk mengkonfirmasi mengenai kemampuan kinerja alumni, daya serap alumni ke dunia kerja, serta tingkat kepuasan pengguna terhadap kinerja alumni Program Studi Farmasi Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa.

Sesi asesmen selanjutnya berkaitan dengan kecukupan serta mutu sarana dan prasarana. Tim asesor menilai proses pembelajaran pada perkuliahan, tutorial, dan praktikum dengan meninjau secara langsung fasilitas yang tersedia di Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa. Mulai dari obervasi kinerja dan pelayanan di kantor BAAUK (Biro Administrasi Akademik Umum dan Keuangan); melihat bahan ajar dan fasilitas di perpustakaan; hingga meninjau kelengkapan laboratorium. Tim asesor memberi banyak masukan tentang sarana dan prasarana yang perlu ditingkatkan demi menunjang keberlangsungan proses pembelajaran dan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Sesi terakhir asesmen lapangan di hari kedua adalah sesi mandiri tim asesor untuk menyusun draft Berita Acara Pelaksanaan (BAP) Asesmen Lapangan Program Studi Farmasi Universitas Harapan Bangsa.

Sabtu, 30 Juli 2022 Asesmen Lapangan memasuki hari yang terakhir, meskipun demikian seluruh tim yang terlibat dalam acara ini tampak semangat dan antusias. Dilaksanakan klarifikasi Berita Acara Pelaksanaan Asesmen Lapangan Program Studi Farmasi Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa, setelah proses klarifikasi selesai dilanjutkan dengan penyerahan berkas berita acara secara simbolis dari Tim Asesor kepada Ketua Program Studi (Kaprodi) Farmasi Program Sarjana UHB yaitu Bapak apt. Galih Samodra, S.Farm., M.Farm. dengan didampingi oleh Dekan Fakultas Kesehatan. Proses serah-trima tersebut disambut tepuk tangan yang meriah dari para hadirin. Pada sesi penutupan, Ibu Dr. Laela Hayu Nurani, M.Si., Apt. menyampaikan kesan dan pesan yang positif terkait Asesmen Lapangan yang telah dilaksanakan.

Secara keseluruhan acara asesmen lapangan Program Studi Farmasi Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa telah berjalan dengan lancar dan berhasil mendapat feedback positif dari tim asesor. Bahkan menuai pujian tentang penyajian dokumentasi kegiatan yang rapi serta mampu menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat proses Asesmen Lapangan berlangsung, hal ini tentu saja tidak terlepas dari semangat nyata Universitas Harapan Bangsa dalam meningkatkan kualitas mutu Program Studi Farmasi dan mempersiapkan pelaksanaan kegiatan dengan matang. Dari kegiatan ini, Program Studi Farmasi UHB juga mendapat berbagai masukan sebagai bahan perbaikan di kemudian hari. Asesmen Lapangan yang dilaksanakan merupakan salah satu proses dalam rangkaian Re-Akreditasi Program Studi Farmasi Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa, semoga dapat memperoleh nilai dan perdikat yang lebih baik daripada proses akreditasi sebelumnya.

Images Gallery


LPM 

Prev/Next News




© 2022 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu