Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date4 July 2022 10:20 am
ByLPM UHB
Views124




Berita

Pelaksanaan Asesmen Lapangan Daring Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa

Date4 July 2022 10:20 am
ByLPM UHB
Views124

Asesmen Lapangan Daring (ALD) Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Harapan Bangsa dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dalam Surat Tugas Nomor : 758/BAN-PT/SPT-AK/A/2022, yaitu pada Jumat 1 Juli 2022 sampai dengan Sabtu 2 Juli 2022.

Akreditasi dilakukan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi) dengan asesor Dr. Adhi Dharma Wibawa, S.T., M.T dan Dr. Ir. Albertus Joko Santoso, M.T. Persiapan untuk pelaksanaan visitasi asesor sudah berlangsung kurang lebih dua pekan sebelumnya, yaitu mulai tanggal 16 Juni 2022.

Pada sesi pembukaan Ibu Ns. Murniati, S.Kep., M.Kep. selaku wakil rektor 1 Universitas Harapan Bangsa menyampaikan sambutan, dilanjutkan dengan sesi Virtual Room Tour sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa oleh ibu Litya Surisdani, S.H., M.H., Bapak Salman Alfarizi, S.Hum., dan Bapak Deny Nugroho Triwibowo, S.Kom., M.Kom. selama kurang lebih 30 menit.

Bapak Anggit Wirasto, S.Si., M.Eng selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Harapan Bangsa memaparkan mengenai analisis SWOT terhadap keberadaan Fakultas Sains dan Teknologi UHB, serta keunikan Fakultas Sains dan Teknologi UHB yang berfokus pada teknologi untuk mendukung industri kesehatan. Konsep yang menarik tersebut tidak terlepas dari sejarah UHB yang semula merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Harapan Bangsa.

Ibu Ns. Indri Heri Susanti, S.Kep., M.Kep. memaparkan tentang AMI (Audit Mutu Internal) dan monev internal, hal ini menunjukan bahwa kualitas dari seluruh Program Studi di Universitas Harapan Bangsa, termasuk Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana senantiasa dipantau dan adanya pengukuran terstruktur dalam rangka terus meningkatkan mutu.

Bapak Barlian Kristanto, S.Pd., M.Hum selaku kepala KUIP (Kantor Urusan Internasional dan Pemasaran) memaparkan tentang kerja sama yang telah dilakukan oleh Program Studi Informasi, baik di jejaring industri maupun non industri. Universitas Harapan bangsa telah mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan animo masyarakat, khususnya agar jumlah mahasiswa yang bergabung dengan Program Studi Sistem Informasi Universitas Harapan Bangsa semakin meningkat, baik melalui kegiatan lomba, open house (mengundang para siswa SMA/SMK untuk mengunjungi Universitas Harapan Bangsa), hingga meluncurkan berbagai program beasiswa. Konsep unik yang diusung oleh Fakultas Sains dan Teknologi UHB yaitu mengintegrasikan teknologi dan industri kesehatan menjadi konsep menarik, serta memiliki peluang besar untuk dikembangkan, akan tetapi karena beberapa Program Studi termasuk Program Studi Sistem Informasi masih terbilang baru dibentuk sehingga belum memiliki lulusan, selain itu di wilayah Kabupaten Banyumas sendiri beberapa Perguguran Tinggi lain telah lama mendirikan jurusan serupa, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Universitas Harapan Bangsa untuk mengedukasi dan meningkatkan animo masyarakat.

Bapak Retno Agus Setiawan, S.Kom., M.T. selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi UHB membahas lebih lanjut tentang struktur kurikulum, peninjauan kurikulum, dan monitoring evaluasi pembelajaran, serta menjelaskan tentang media pembelajaran milik UHB yang diberi nama scalsa (Student Center Learning of Universitas Harapan Bangsa). Untuk persiapan pembelajaran di UHB diadakan rapat akademik, pendistribusian mata kuliah, dan koordinasi membuat rencana pembelajaran.

Kepala LPPM, Ibu Ns. Etika Dewi C, SST., S.Kep., M.Kes bersinergi dengan Bapak Purwono, S.Kom., M.Kom selaku sekertaris LPPM memaparkan tentang penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa di Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa, baik yang bersumber dari hibah dikti maupun mandiri.

Bapak Retno Agus Setiawan, S.Kom., M.T. kembali menambahkan tentang kejuaraan yang telah berhasil diraih oleh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa baik dari segi akademik maupun non akademik, penjelasan ini di dukung dengan data akademik yang ditampilkan oleh penanggung jawab Kemahasiswaan, Ibu Ns. Tin Utami, SST., S.Kep., M.Kes. Pelaksanaan ALD Sistem Informasi hari pertama ditutup sesi wawancara dengan 3 dosen Program Studi Sistem Informasi yaitu Bapak Hadi Jayusman, S.Kom., M.T., Bapak R. Bagus Bambang Sumantri, S.T., M.Kom., dan Ibu Irfani Zuhrufillah, S.Kom., M.Kom.

Pada hari kedua pelaksanaan Asesmen Lapangan Daring Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana Universitas Harapan bangsa dilanjutkan dengan sesi wawancara dengan Tenaga Kependidikan yaitu Bapak Salman Alfarizi, S.Hum selaku Ka. Perpustakaan dan beberapa staf BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan), kemudian hal - hal yang berkaitan dengan keuangan diulas secara mendalam oleh Ibu Lusi Yuliarti, SE., M.M., kemudian dilanjutkan dengan sesi wawancara bersama 5 mahasiswa untuk mengkonfirmasi tentang kejuaraan, keterlibatan dalam kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian serta pemanfaatan sarana dan  prasarana yang ada.

Pelaksanaan Asesmen Lapangan Daring Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana Universitas Harapan Bangsa berlangsung dengan lancar dan mendapat berbagai masukan membangun dari asesor yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas Program Studi Sistem Informasi UHB dan menjawab tantangan yang dihadapi.

Images Gallery


LPM 

Prev/Next News




© 2022 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu