Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date20 April 2017 10:32 am
BySuperman is gone
Views963




Berita

SHB Gelar Pelatihan BTCLS Tingkatkan Keterampilan Kegawatdaruratan

Date20 April 2017 10:32 am
BySuperman is gone
Views963

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto menggelar pelatihan pertolongan pertama gawat darurat atau basic trauma cardiac life support (BTCLS) pada 30 Maret hingga 2 April lalu. Pelatihan diikuti oleh 90 mahasiswa Program Studi Keperawatan D3 semester 6 dengan dipandu oleh dokter yang expert dan perawat berpengalaman serta bersertifikasi.

Sekretaris Program Studi Ilmu Keperawatan S1 Stikes Harapan Bangsa Purwokerto, Adiratna Sekar Siwi, S.Kep NS M.Kep kepada Radarmas mengatakan, kegiatan dimulai pada 30 dan 31 April dengan pemaparan materi tentang kegawatan pada beberapa kasus mulai dari gangguan sistem kardiovaskuler, respirasi, persyarafan, muskuloskeletal dan lain-lain oleh dokter spesialis yang sesuai dengan bidang keilmuannya.

"Pada 1 April mahasiswa melakukan praktikum terkait tindakan kegawatan seperti BHD, pemeriksaan EKG, code blue, initial asessment, pembidaian pembalutan, evakuasi dan intubasi," katanya.

Adiratna menjelaskan, tujuan dari pelatihan BTCLS yaitu untuk meningkatkan keilmuan tentang kegawatdaruratan yang muncul di rumah sakit atau masyarakat, mengetahui penanganan kasus yang bersifat gawat darurat secara cepat dan tepat serta meningkatkan ketrampilan dalam penanganan kegawatan.

"Mahasiswa juga dikenalkan dengan penanganan yang harus dilakukan saat terjadi kegawatan seperti kondisi sesungguhnya," terang dia.

Diharapkan setelah selesai menempuh pendidikan, mahasiswa Stikes Harapan Bangsa Purwokerto siap siap terjun mengarungi dunia kerja dengan modal yang sudah diberikan saat pelatihan BTCLS dengan bidang kekhususan keperawatan gawat darurat. Adapun dokter yang bertindak sebagai pemandu ialah dr Frank Sp.An dari Purwokerto beserta dr M Yanuar,Sp.P FISR, dr Haikal, Sp.PD dan dr Panondang, Sp.B dari BTCLS medical centre 119 yang berpusat di Jakarta. 

"Pelatihan ini rutin digelar sejak tahun 2011 untuk mahasiswa Keperawatan D3 semester akhir dan mahasiswa profesi Ners. Setiap tahun dilakukan 2 kali. 1 kali untuk D3 Keperawatan dan 1 kali profesi Ners," tutup Adiratna. (yda) 

     


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu