Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date27 January 2015 11:14 am
BySuperman is gone
Views878




Berita

Students and Faculty Exchange STIKes Harapan Bangsa dengan Prachomklao Collage of Nursing Thailand

Date27 January 2015 11:14 am
BySuperman is gone
Views878

www.shb.ac.id - Kerjasama akademik antara STIKes Harapan Bangsa dengan Prachomklao Collage of Nursing, Phetchaburi Province, Thailand tidak hanya sebatas melakukan pertukaran mahasiswa. Namun, juga pertukaran dosen, peneliti, serta informasi dan publikasi.

“Pada kerjasama tersebut, kami akan mengadakan kuliah umum dan seminar internasional, dalam penelitian bersama dan publikasi,serta mengidentifikasi peluang kerjasama lainnya,†kata Ketua STIKes Harapan Bangsa dr.Pramesti Dewi M.Kes.

Pihak STIKes Harapan Bangsa pun telah mengirimkan tiga mahasiswa ke Thailand pada 5 hingga 18 Oktober 2014 lalu. Selama di Thailand mahasiswa dan dosen STIKes Harapan Bangsa bergabung dengan mahasiswa Thailand melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ilmu keperawatan dan kebudayaan. Sedangkan dosen STIKes Harapan Bangsa, mengajar di Prachomklao Collage of Nursing, Thailand.

Pada 11 Januari kemarin, pihak Prachomklao Collage of Nursing, Thailand mengirim empat mahasiswa beserta tiga dosen ke STIKes Harapan Bangsa. Selama 2 minggu di Purwokerto, para mahasiswa melakukan kegiatan-kegiatan bersama mahasiswa dan dosen STIKes Harapan Bangsa, seperti mengikuti kuliah terapi komplementer bekam, mengadakan kuliah umum transcultural nursing dan pendalaman phantom.

Selain itu juga mengunjungi kerajinan keramik di klampok, unti Hemodialisis RSUD Prof. Dr Margono Soekarjo, sentra gethuk di Sokaraja, unit rehabilitasi social Dewanata Cilacap dan bidan praktik swasta Cilacap.

Masih ada kegiatan yang dilakukan, seperti mengikuti kelas jamu tradisional, kelas kerajinan tangan membuat bross, study trip ke Sunat Hypnoteraphy di Baturaden, outing NEDC, study trip ke Puskesmas Purwokerto Selatan, memberikan pelayanan komunitas di desa Tambaksari, mengikuti kelas batik di SMAN 1 Sokaraja, mengunjungi sentra kenthongan di Desa Kramat dan journalistic writing di media cetak Radar Banyumas.

“Untuk ke depannya akan kolaborasi research antara STIKes Harapan Bangsa dengan Prachomklao Collage of Nursing, Thailandâ€, papar dr Pramesti Dewi MKes.

dr Pramesti Dewi M.Kes menambahkan, adanya program ini, menambah wawasan mahasiswa dalam hal Transcultural Nursing, serta untuk memberi bekal dalam menghadapi Asean Community 2015.

“Tidak menutup kemungkinan perawat Thailand bekerja di Indonesia dan sebaliknya, penting untuk mahasiswa STIKes Harapan Bangsa agar menguasai Bahasa Inggris dan berwawasan Internasional,â€pungkasnya.


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu