Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date8 May 2023 10:00 am
ByLPM UHB
Views215




Berita

Asesmen Lapangan dalam Rangka Re-Akreditasi Program Studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan

Date8 May 2023 10:00 am
ByLPM UHB
Views215

Asesmen Lapangan Program Studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa telah dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan, yaitu pada Rabu, 3 Mei 2023 sampai dengan Jumat,  5 Mei 2023.

Asesmen lapangan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Tim asesor yang ditugaskan oleh LAM-PTKes pada asesmen lapangan kali ini adalah Bapak Dr. Kuswantoro Rusca Putra, S.Kp., M.Kep. dan Bapak Teuku Tahlil, S.Kp., M.S., Ph.D.

Tim asesor tiba di Purwokerto pada Rabu, 3 Mei 2023, sementara acara pembukaan asesmen lapangan dilaksanakan keesokan harinya yaitu pada Kamis, 4 Mei 2023. Acara pembukaan dihadiri oleh Pembina Yayasan Pendidikan Dwi Puspita, Jajaran Pimpinan Universitas Harapan Bangsa, serta segenap dosen dan tenaga kependidikan Prodi KAPST.

Acara asesmen lapangan yang pertama adalah sesi pertemuan tim asesor dengan pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan pimpinan Program Studi (Kaprodi), kemudian sesi berikutnya adalah pertemuan tim asesor dengan pelaksana penjaminan mutu internal dan tim akreditasi. Tim asesor melakukan peninjauan seputar VMST (Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi), tata pamong, tata kelola, kemahasiswaan, kerja sama, sumber daya manusia, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sesi pertemuan tersebut menjadi momen diskusi yang menarik karena para penanggung jawab masing - masing kriteria mampu mempresentasikan dokumen - dokumen pendukung dengan baik, dan tim asesor juga banyak memberikan saran maupun kritik yang bermanfaat guna peningkatan kualitas dan kemajuan Program Studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa.

Pada hari ketiga, asesmen lapangan tidak hanya dilaksanakan di kampus, melainkan juga dilaksanakan dengan mengunjungi wahana praktik. Tim asesor beserta penanggung jawab yang telah ditunjuk menuju ke RSUD Purbalingga dan RSI Purwokerto. Pada sesi ini, asesor melakukan peninjauan secara langsung terhadap pelaksanaan praktik lapangan mahasiswa Prodi KAPST, sekaligus melangsungkan sesi wawancara dengan pengguna. Setelah peninjauan ke wahana praktik selesai, tim asesor kembali ke Universitas Harapan Bangsa untuk melaksanakan room tour. Dimulai dengan mengunjungi Laboratorium Keperawatan Anestesiologi untuk mengecek kualitas dan kuantitas alat-alat yang ada, kemudian dilanjutkan ke ruangan dosen Prodi KAPST, dan ke perpustakaan untuk memastikan bahwa ketersediaan literatur bagi Prodi KAPST memadai.

Untuk mengonfirmasi tentang kinerja pelayanan, tim asesor melaksanakan sesi wawancara dengan tenaga pelayanan akademik, sedangkan untuk mengonfirmasi tentang prestasi mahasiswa dan suasana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, dilaksanakan sesi wawancara dengan perwakilan mahasiswa.

Setelah seluruh proses peninjauan yang diperlukan untuk penilaian setiap kriteria selesai dilaksanakan, tim asesor melanjutkan ke tahap kerja mandiri menyusun draf Berita Acara Asesmen Lapangan Program Studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa. Terhadap hasil kerja mandiri tersebut dilakukan klarifikasi, setelah selesai maka dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan berkas berita acara dari tim asesor kepada Ketua Program Studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan, yaitu Ibu Wilis Sukmaningtyas, S.S.T., M.Kes. dengan didampingi Ibu Dwi Novitasari, S.Kep., Ns., M.Sc. selaku Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa. Penutupan asesmen lapangan dilaksanakan pukul 20.00 WIB, meskipun sudah cukup larut namun tidak menyurutkan semangat dan antusiasme seluruh tim yang terlibat pada acara tersebut. 

Asesmen Lapangan yang dilaksanakan kali ini merupakan salah satu tahapan dalam proses Re-Akreditasi Program Studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa. Secara keseluruhan, acara asesmen lapangan berjalan lancar dan menghasilkan feedback yang positif dari tim asesor. Semoga segenap upaya yang telah dilakukan Universitas Harapan Bangsa dapat membuahkan hasil yang terbaik, serta saran dan masukan yang diperoleh dari tim asesor dapat menjadi bahan penunjang yang terimplementasikan dalam peningkatan kualitas Prodi KAPST secara signifikan, terarah, dan berkelanjutan.

Images Gallery


LPM 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu