Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date24 February 2023 6:07 pm
ByKUIP
Views265




BeritaSeminar Nasional

Ajak Mahasiswa untuk Peka terhadap Isu Kesehatan Masyarakat, Prodi Farmasi UHB adakan Seminar bersama Guru Besar Farmasi UGM

Date24 February 2023 6:07 pm
ByKUIP
Views265

Purwokerto (24/02/2023) – Untuk membangkitkan semangat belajar mahasiswa Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa, terhadap kepekaan isu kesehatan masyarakat. Pada hari Kamis, 23 Februari 2023 diadakan seminar mengenal famepizole dan kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia. Seminar ini dihadiri oleh Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) Prof. Dr. Apt. Zullies Ikawati sebagai pembicara. 

 Kegiatan seminar tersebut diadakan oleh prodi farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa bertempat di kampus satu. Dengan dihadiri oleh 90 peserta yang merupakan mahasiswa dan mahasisiwi fakultas kesehatan.

 Pada seminar tersebut, dibahas mengenai beberapa topik yaitu sosialisasi program pascasarjana farmasi UGM dan juga mengenai kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia yang merupakan kasus pada saat ini marak terjadi pada masyarakat di Indonesia dan menjadi perbincangan yang sangat hangat, terutama pada ibu-ibu dan juga tenaga Kesehatan, tak terkecuali tenaga farmasi.

 Selain mahasiswa, seminar ini juga dihadiri oleh jajaran civitas akademik fakultas Kesehatan. Pada kesempatan ini juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Kesehatan ibu Dwi Novitasari, S.Kep, Ners, M.Sc. mengenai rencana Universitas Harapan Bangsa untuk membuka program profesi apoteker. 

 “untuk animo mahasiswa farmasi sendiri dalam dua tahun ini meningkat. Meskipun ada penurunan sebelum adanya covid, tapi kami bersyukur, (adanya) covid dan mencari mahasiswa (baru)nya melalui media, mungkin jadi lebih masuk ke generasi muda (saat ini) sehingga jumlah mahasiswanya meningkat”, ujar Dekan Fakultas Kesehatan ini.

 Pada seminar ini juga disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) Prof. Dr. Apt. Zullies Ikawati mengenai ranah dan peluang kerja farmasi yang luas. Seperti Rumah sakit, industri, apotek, pemerintahan, ataupun Lembaga penelitian. Guru besar fakultas Farmasi UGM ini juga memantik mahasiswa untuk dapat lebih peka terhadap isu Kesehatan masyarakat yang juga dapat diakses melalui media sosial. Karena pasti akan ditanya oleh masyarakat mengenai Kesehatan dan obat-obatan. 

 “karena sebagai mahasiswa farmasi kan pasti akan ditanya oleh masyarakat mengenai Kesehatan dan obat-obatan. Misal, obat ini aman nggak nih? Bener nggak sih sirup ini biking agal ginjal? Jadi temen-temen disini diharapkan bisa lebih peka terhadap isu Kesehatan di masyarakat dan juga media sosial”, ujar Guru besar kelahiran Purwokerto ini.


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu