Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Cuka Apel Untuk Pengobatan Kista

Information

Date19 December 2016 2:27 pm
ByAdmin
Views4974




Kesehatan

Cuka Apel Untuk Pengobatan Kista

Date19 December 2016 2:27 pm
ByAdmin
Views4974

Pertanyaan :

Hallo Bu bidan. Perkenalkan nama saya Indah, ibu dengan dua orang anak dari Purbalingga. Beberapa waktu lalu saya mengalami menstruasi yang banyak dan lama. Setelah saya cek ke dokter ternyata saya menderita kista ovarium dan dokter menyarankan saya untuk melakukan operasi. Jujur saya dan suami masih takut. Seorang keluarga mengatakan bahwa cuka apel dapat membantu menyembuhkan kista ovarium. Apakah hal tersebut benar bu bidan? mohon penjelasanannya secara medis.

Indah, Purbalingga

Jawaban :

Hallo Bu Indah. Meskipun tidak semua kista akan berkembang menjadi ganas akan tetapi kasus kasus pada penderita kista sering kali kista ovarium dapat tumbuh sangat besar dan harus diangkat melalui pembedahan. Betulkah cuka apel dapat mengurangi perkembangan kista sehingga tidak harus melakukan pembedahan?

Cuka apel sendiri merupakan hasil fermentasi buah apel. Beberapa literatur mengatakan cuka apel mengandung zat yang dapat menghambat perkembangan kista. Meskipun demikian bagi anda yang menderita gangguan pada lambung, kurang disarankan mengkonsumsi cuka apel dalam larutan yang pekat.

Kandungan cuka apel yang sangat kuat akan menggangu obat-obatan yang anda konsumsi sehingga kerja obat menjadi kurang optimal. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi cuka apel sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui riwayat kesehatan anda, seberapa dosis yang tepat serta pengaruhnya terhadap obat-obatan yang sedang anda konsumsi.Hanya itu yang dapat saya bantu jawab Ibu Indah. Semoga bermanfaat.

Pengampu : Susilo Rini, SST, M.Kes (Tim Konsultasi Kesehatan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto)


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu