Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date16 November 2022 8:13 am
ByAdmin
Views18




Berita

Himanes UHB Gelar Donor Darah Rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN)

Date16 November 2022 8:13 am
ByAdmin
Views18

PURWOKERTO - Himpunan Mahasiswa Anestesi (Himanes) Prodi D4 Anestesiologi Universitas Harapan Bangsa (UHB) menggandeng PMI Kabupaten Banyumas dalam kegiatan donor darah di Kampus 1 UHB, Senin (14/11) kemarin.

Rektor Universitas Harapan Bangsa (UHB) dr. Pramesti Dewi, M.Kes., melalui dr. Made Suandika, M.Kep., RN., Ph.D., mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2022 yang diselenggarakan UHB.

Selain itu, adanya kebutuhan kantong darah di Kabupaten Banyumas yang mencapai 200 kantong per harinya, juga menjadi latar belakang UHB melalui Himanes menyelenggarakan kegiatan sosial dalam bentuk donor darah tersebut.

"Sebenarnya untuk kegiatan donor darah kerjasama antara UHB dan PMI Banyumas sudah menjadi kegiatan rutin, khususnya sebelum masa pandemi. Nah setelah pandemi mereda, kegiatan donor darah di UHB kembali digiatkan lagi. Apalagi momennya juga tepat sebagai rangkaian peringatan HKN Tahun 2022," ujar dr. Made.

Disampaikan, kegiatan donor darah kemarin tidak hanya menyasar mahasiswa UHB, baik mahasiswa Fakultas Kesehatan maupun Non Kesehatan, tetapi juga menyasar seluruh civitas akademika UHB. Termasuk warga sekitar yang tinggal di wilayah Kampus UHB.

Lebih lanjut, dr. Made mengatakan antusiasme pendonor dalam kegiatan donor darah tersebut cukup tinggi. Tercatat ada 66 partisipan yang mendaftar, mulai dari mahasiswa, dosen, hingga masyarakat umum.

"Totalnya terkumpul 38 kantong darah dari kegiatan kemarin. Sebenarnya kita targetkan 50 kantong darah. Namun karena banyak yang gagal saat proses skrining, maka hanya 38 pendonor yang bisa diambil darahnya," jelasnya.

"Ada berbagai faktor pendaftar yang gagal mendonor, mulai dari tekanan darah, kadar hemogoblin dalam darah, dan faktor eksternal lainnya," imbuh dr. Made.

Terpisah, Ketua Himanes Hafizh Zaky Ariyanto mengatakan kegiatan donor darah kali ini merupakan kegiatan perdana yang digelar Himanes. Diakui, meski Himanes sudah terbentuk sejak tahun 2018 lalu, namun untuk aktivasi program kerja dan lain hal, baru bisa dilakukan sejak tahun 2021 lalu.

"Saat ini Himanes baru berjalan dua generasi. Dan di momen HKN ini Himanes ikut berpartisipasi merayakannya dengan berbagai program yang berhubungan langsung dengan masyarakat dan civitas akademika UHB," ujar mahasiswa Semeter 5 Prodi D4 Anestesiologi ini.

Untuk kepengurusan Himanes sendiri, lanjut Hafizh, saat ini ada 43 mahasiswa yang tergabung dalam Himanes. Namun demikian, tahun ini Himanes menggelar program "Himanes Magang" yang diikuti 9 mahasiswa tingkat awal Prodi D4 Anestesiologi.

"Ini dimaksudkan sebagai proses persiapan regenerasi juga. Agar mahasiswa baru bisa mengenal program-progam Himanes, dan harapannya bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Termasuk kegiatan donor darah seperti ini," ungkapnya. (yur)

Donor Darah PMI D4 Anestesiologi Himanes 

Prev/Next News




© 2022 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu