Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date24 October 2022 10:22 am
ByReza Rokhadi
Views66




Berita

Lebih Dekat dengan Kampus UHB Purwokerto Lewat Kegiatan PKKMB

Date24 October 2022 10:22 am
ByReza Rokhadi
Views66

PURWOKERTO – “Tak kenal maka tak sayang.” Ungkapan itu menjadi salah satu dasar Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto menyelenggarakan Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 29 September 2022 sampai Sabtu 1 Oktober 2022 tersebut sekaligus untuk menyambut ratusan mahasiswa baru UHB tahun ajaran 2022/2023.

Mengambil tema “Kaum Muda Penuh Aksi”, kegiatan PKKMB UHB 2022 diharapkan bisa menjadi modal dan bekal bagi seluruh mahasiswa baru, sebelum nantinya terjun langsung di dunia kampus.

Rektor Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto, dr. Pramesti Dewi, M.Kes. mengucapkan selamat datang bagi seluruh mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di UHB Purwokerto. Rektor berharap lewat kegiatan PKKMB ini mahasiswa baru UHB Purwokerto bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

“Tujuannya agar mahasiswa baru mampu memahami tentang learning to know, learning to do, learning to live together, and learning to be dari program studi yang akan ditempuh,” ungkapnya dalam Sidang Senat Pengukuhan Mahasiswa Baru, sekaligus pembukaan rangkaian kegiatan PKKMB UHB Purwokerto 2022 di hari pertama, Kamis (29/10/2022).

Wakil Rektor II, Dr. Yuris Tri Naili, SH.,KN.,MH menjelaskan bahwa kegiatan PKKMB di Universitas Harapan Bangsa adalah menyambut intelektual muda, menyambut teman-teman muda  dengan suka cita dan kegembiraan, sehingga menciptakan suasana persaudaraan yang erat dan  menyenangkan penuh aksi dan kreatifiatas,“Harapannya, mahasiswa baru mampu beradaptasi dengan lingkungan belajar secara cepat agar proses pembelajaran berlangsung dalam suasana good quality for teaching and learning,” imbuhnya.

Mahasiswa baru UHB Purwokerto juga berkesempatan mendapat pembekalan secara virtual dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristek dan Teknologi RI, Nadiem Makarim. Secara singkat, Nadiem meminta generasi penerus bangsa untuk terus menimba ilmu yang bermanfaat, untuk nantinya diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat sebagai bentuk pengabdian.

Tidak hanya terkait pengenalan mengenai kampus UHB Purwokerto, mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 juga dibekali dengan beberapa materi dasar mengenai pendidikan. Termasuk bekal diri untuk terjun langsung ke masyarakat kelak. Adapun beberapa materi yang disampaikan yakni mengenai “Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, yang disampaikan oleh Dosen UHB Puwokerto, Pujiono; “Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia” oleh LLDikti; “Kesadaran Lingkungan Hidup” yang disampaikan oleh BNN Purwokerto.

Di hari kedua, mahasiswa baru lebih difokuskan pada pembekalan dan pengembangan diri yang lebih detail. Khususnya untuk menghadapi era digital dan dunia perkuliahan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Materi yang disampaikan diantaranya oleh Kominfo Banyumas yang memaparkan materi “Revolusi Industri 4.0”, dan materi mengenai “Pengembangan Karakter” yang disampaikan psikolog.

Untuk hari ketiga, kegiatan PKKMB lebih difokuskan pada pengenalan kampus UHB Purwokerto. Mulai dari proses pembelajaran, hingga pengenalan tiap sudut kampus UHB Purwokerto. Termasuk pengenalan 12 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dibalut dalam penampilan ciamik para anggota masing-masing UKM.

Kegiatan PKKMB UHB Purwokerto 2022 ditutup dengan kegiatan Inagurasi dan Colour Fest yang diikuti seluruh mahasiswa baru. (yur)


Prev/Next News




© 2023 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu