Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date6 December 2022 11:15 am
ByAdmin
Views55




Berita

Mahasiswa Keperawatan UHB Siap Terjun ke Masyarakat

Date6 December 2022 11:15 am
ByAdmin
Views55

PURWOKERTO - Sebanyak 59 mahasiswa Prodi Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa (UHB) bakal menjalani Praktik Klinik Keperawatan (PKK) II selama enam pekan, yakni mulai tanggal 12 Desember 2022 sampai 21 Januari 2023.

Rektor Universitas Harapan Bangsa (UHB) dr. Pramesti Dewi, M.,Kes., melalui Koordinator PKK II, Siti Haniyah, S.Kep., Ns., M.Kep., mengatakan tenaga kesehatan saat ini dituntut professional dalam menjalankan tugas, wewenang, dan kompetensinya, serta diikuti pula dengan intelektualitas yang tinggi. Sebab tenaga perawat dipandang sebagai point of center dalam pelayanan kesehatan.

Melalui kegiatan PKK ini, mahasiswa UHB diterjunkan langsung ke sejumlah fasilitas kesehatan yang ada di Banyumas Raya. Tujuannya agar mahasiswa bisa mengaplikasikan langsung ilmu-ilmu yang selama ini didapat di UHB dalam pelayanan kesehatan yang sebenarnya. Diharapkan mahasiswa juga bisa mendapat pengalaman berharga dari tenaga kesehatan yang sudah lama berkecimpung dalam melayani kesehatan masyarakat di masing-masing ke fasilitas kesehatan.

Universitas Harapan Bangsa lanjut dia, mempunyai kewajiban dalam keberhasilan mencetak tenaga ahli madya keperawatan yang profesional dan bermutu. Oleh karena itu, kegiatan PKK II ini juga disesuaikan dengan standar profesi baik aspek kognitif, afektif dan psikomotor dalam bidang keperawatan secara umum, dan secara khusus tentang keperawatan dasar.

Dijelaskan, kegiatan PKK II yang akan dijalani para mahasiswa berisi beberapa pelayanan keperawatan dasar pada pasien dengan berbagai masalah medis yang dialaminya. Mulai dari stase maternitas, stase anak, stase Keperawatan Medikal Bedah (KMB), dan stase jiwa.

Adapun sebaran PKK II UHB kali ini, mahasiswa akan di tempatkan di beberapa rumah sakit di Banyumas Raya, diantaranya RSUD Banjarnegara, RSI Banjarnegara, RSUD Purbalingga, RSUD Pemalang, dan RSUD Banyumas.

"Para mahasiswa sebelumnya sudah melalui kegiatan Pendalaman PKK II yang dilaksanakan pada 28-30 November 2022 kemarin melalui zoom meeting," ungkap Hani.

Lebih lanjut, untuk materi yang disampaikan dalam kegiatan pendalaman kemarin diantaranya studi kasus pernapasan, studi kasus post natal, studi kasus HDR, studi kasus kardio, studi kasus Isos, studi kasus BBL, studi kasus Pediatrik, studi kasus Antenatal, dan studi kasus persyarafan.

Adapun rincian materi yang disampaikan dalam pembekalan diantaranya Suction dan Injeksi Insulin, Melatih pasien mengontrol marah, Mengajarkan cara berkenalan, Perawatan payudara, Konseling pemilihan alat kontrasepsi, EKG, Perawatan luka, Melatih pasien mengontrol halusinasi, Melatih aspek positif diri pasien, Nebulizer pada anak, Tepid sponge, Pemberian terapi oksigen, Imunisasi pada anak, Vulva hygiene dan Pemeriksaan leopold, serta materi ROM dan Kekuatan otot.

"Lalu pada tanggal 1-2 Desember 2022 lalu, mahasiswa yang akan menjalani praktek juga sudah melalui Objective Structural Clinical Examination (OSCe) atau ujian persiapan klinik untuk mahasiswa pasca pendalaman, sekaligus pemantapan bagi mahasiswa sebelum dilepas ke masing-masing rumah sakit," jelas Hani.

"Harapannya, setelah mengikuti PKK II ini mahasiswa UHB sudah siap berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan pada pasien yang memiliki gangguan pemenuhan kebutuhan dasar manusia," pungkasnya. (yur)

 

Images Gallery


Keperawatan Praktik Klinik 

Prev/Next News




© 2023 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu