Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date14 December 2022 2:07 pm
ByReza Rokhadi
Views222




Berita

UHB Purwokerto Gelar Kuliah Pakar : Membuka Peluang Karir Melalui Pengembangan UI/UX

Date14 December 2022 2:07 pm
ByReza Rokhadi
Views222

 

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto tidak henti-hentinya melakukan berbagai terobosan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal itu dilakukan agar UHB Purwokerto bisa mencetak lulusan yang kompeten untuk memberikan kontribusinya di tengah masyarakat.

Terbaru, UHB Purwokerto berupaya meningkatkan softskill dari seluruh civitas akademika UHB Purwokerto dengan menghadirkan ahli/pakar dalam kegiatan Kuliah Pakar pada Jumat, 2 Desember 2022, di Kampus 2 UHB Purwokerto.

Tidak tanggung-tanggung, yang dihadirkan yakni Product Owner Eventeer, Lead UI/UX AMA Visual (AMOEBA), Andhika Leonardo Surya, yang mengenalkan UI/UX kepada para peserta kuliah pakar.

UI/UX designer belakangan menjadi salah satu pekerjaan yang populer di dunia teknologi dan informasi. Pekerjaan yang berhubungan dengan pengembangan perangkat lunak atau aplikasi ini mulai marak dibutuhkan seiring proses digitalisasi dan kemudahan akses berbasis aplikasi.

Seperti diketahui UI merupakan singkatan dari User Interface atau antarmuka pengguna, sementara UX merupakan singkatan dari User Experience atau pengalaman pengguna. Kedua elemen ini amat penting untuk suatu produk karena mengacu pada aspek pengguna.

UI/UX merupakan dua hal yang dibutuhkan dalam pengembangan perangkat lunak atau aplikasi. Keduanya juga menjadi tolok ukur utama yang menghubungkan pengguna dengan para pengembang atau produsen aplikasi.

Kaprodi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UHB, Khoirun nisa, S.Kom., M.Kom., mengatakan untuk peserta kegiatan Kuliah Pakar kemarin lebih diperuntukkan kepada mahasiswa, khususnya di Kampus 2 UHB.

"Tujuan dari kegiatan tersebut yakni agar para mahasiswa memiliki pengetahuan dan pendalaman mengenai bagaimana membuat UI/UX yang siap untuk digunakan oleh masyarakat tanpa kebingungan apa saja fitur atau icon yang ada ditampilan layar smartphone/Laptop dari pengguna aplikasi tersebut," jelasnya.

Sesuai dengan topik Kuliah Pakar yakni "Pengenalan UI/UX untuk Pemula dan Peluang Karir", lanjutnya, memang lebih difokuskan pada pengenalan UI/UX dasar bagi para pengguna, yang dalam hal ini mahasiswa. Harapannya melalui kegiatan ini, mahasiswa memiliki gambaran secara luas mengenai peluang kerja atau bisnis di bidang ini.

Meski begitu, lanjut Nisa, dalam kegiatan kemarin juga disertakan dengan praktek sederhana membuat prototype menggunakan figma. Tujuannya agar mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UHB lebih paham dan mengetahui prosesnya secara langsung pengembangan UI dan UX dengan pakarnya.

Narasumber Kuliah Pakar, Andhika Leonardo Surya mengatakan dalam menciptakan dan mempromosikan sebuah produk digital, baik berupa aplikasi maupun website yang menarik bagi pengguna, dibutuhkan sebuah UX maupun UI dalam proses produksinya. Keduanya memiliki arti atau definisi berbeda namun memiliki fungsi dan tujuan yang sama atau berada pada jalur yang sama.

"UI lebih mengarah pada tampilan atau visual dari suatu aplikasi, bisa juga tampilan dari website ataupun aplikasi yang dikunjungi seseorang. Sedangkan UX merupakan kependekan dari User Experience yang artinya adalah proses dimana pengguna aplikasi atau website bisa berinteraksi dengan interface secara mudah dan nyaman," ujarnya saat memaparkan materi.

Dijelaskan, UI dan UX akhirnya akan menciptakan pengalaman terbaik saat mengakses atau menggunakan suatu aplikasi. Melalui definisi ini tentu bisa diketahui betapa pentingnya desain UI dan UX yang tepat saat suatu perusahaan berencana merancang aplikasi.

Kegiatan kemarin ditutup dengan sesi tanya jawab yang cukup dinamis antara mahasiswa dan narasumber. Terlihat para mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti materi demi materi yang dihadirkan dalam kegiatan Kuliah Pakar kemarin. (yur)


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu