Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date7 November 2022 10:15 am
ByReza Rokhadi
Views59




Berita

Mengenal Lebih Dalam Tentang UKM UHB Archery Club

Date7 November 2022 10:15 am
ByReza Rokhadi
Views59

- Yang Akan Ambil Bagian di Festival Panahan Kendal 2022

Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto selalu berusaha mengembangkan keinginan dan bakat dari masing-masing individu mahasiswa. Oleh karenanya banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berbasis hobi dan olahraga. Tujuannya agar mahasiswa bisa memaksimalkan potensi yang dimilikinya untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

Salah satu UKM yang semakin berkembang di UHB yakni UKM UHB Archery Club atau UKM Panahan UHB. Seperti diketahui, saat ini panahan menjadi salah satu cabang olahraga favorit. Bahkan tidak sedikit pula yang menjadikan olahraga panahan ini sebagai hobi.

Rektor Universitas Harapan Bangsa (UHB), dr Pramesti Dewi, M.Kes., melalui Pembina UKM Universitas Harapan Bangsa (UHB) Archery Club, Anggit Wirasto, M.Eng., menyebutkan UHB Archery Club menjadi salah satu UKM dengan fasilitas lengkap yang ada di UHB.

Diakui Anggit, sejauh ini UHB Archery Club cukup diminati mahasiswa. Pasalnya, meski masuk dalam kategori olahraga, panahan cenderung tidak terlalu memforsir fisik, terkesan lebih santai dan rileks, sehingga tidak membebani para mahasiswa di tengah kepadatan jadwal kuliah.

"Yang pasti peluang untuk berprestasi sangat besar di cabang olahraga ini. Selain banyak even yang diselenggarakan, panahan juga menjadi salah satu cabang olahraga yang memiliki banyak nomor untuk diperlombakan atau dipertandingkan," katanya.

Anggit merinci, dalam panahan sejauh ini ada beberapa nomor yang kerap dipertandingkan seperti nomor tradisional, nomor nasional, hingga nomor internasional. Selain itu jaraknya pun beragam sesuai dengan nomor yang diperlombakan seperti 30 meter, 40 meter, 50 meter, hingga 70 meter.

"Belum lagi nomor dari jenis busurnya, yakni bare bow, compound, dan recurve," jelasnya.

"Di sisi lain, hitungan poinnya lebih objektif, sehingga ketika akurasi bidikannya maksimal, besar kemungkinan untuk meraih hasil yang maksimal pula," imbunya.

Adapun fasilitas yang bisa dimaksimalkan anggota UHB Archery Club antara lain lapangan standar pertandingan, alat-alat pahanan (busur, panah, sasaran tembak, hingga perlengkapan lainnya) yang disediakan gratis untuk digunakan mahasiswa untuk latihan. Termasuk pelatih bersertifikat dan wasit bersertifikat.

"Untuk perlengkapan yang bersifat pribadi, memang disarankan mahasiswa memilikinya sendiri. Seperti pelindung jari (finger tab), pelindung lengan, hingga kantong panah. Karena itu nantinya akan sangat menunjang performa atlet di lapangan," ungkapnya.

Terpisah, Wakil Rektor 2 UHB, dr Yuris Tri Naili, S.H., K.N., M.H., menambahkan, sejak diresmikan pada tahun 2018, UHB Archery Club sudah banyak menorehkan prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Untuk di tingkat nasional, UHB Archery Club menyabet sejumlah gelar di ajang Latber New Normal “New Normal Archery Competition 2020 #2. Diantaranya Juara I atas nama Gunawan laturama (S1 Farmasi), Juara III atas nama Febryanto Martua Panda Potan Sitepu (S1 Farmasi), dan Juara III atas nama Julia Pungki Astuti Firi (S1 Farmasi). Nama terakhir yang disebut juga berhasil meraih Juara III di ajang Prambanan Fun Archery Tahun 2021. Terakhir ada nama Aulia Salsabila (S1 Keperawatan) yang berhasil menjadi Juara I tingkat nasional di ajang Banyumas Cup Open Tournament (Divisi nasional beregu) pada tahun 2021 lalu.

Sementara untuk prestasi di tingkat Jawa Tengah, ada Laely Alfiani Roudhatul Khasanah (S1 Keperawatan) dan Mirna Artin Setya Rahayu (S1 Farmasi) yang berhasil meraih juara III pada nomor Barebow Putri Beregu di ajang Turnamen Barebow Jateng 2021.

Keduanya bahkan mengukir prestasi serupa di lingkup Kabupaten Banyumas pada ajang Banyumas Cup Open Tournament yang digelar Perpani Kabupaten Banyumas, yakni Juara III pada nomor barebow putri beregu.

Saat ini, lanjut WR 2, UHB Archery Club tengah mempersiapkan diri untuk ambil bagian di Festival Panahan Kendal 2022 di Stadion Madya Kendal tanggal 13 November 2022 mendatang. Rencananya ada tiga nomor yang bakal diikuti, yakni Barebow beregu putra, Barebow beregu putri dan Barebow beregu campuran.

"Kita kirimkan satu tim yang beranggotakan lima atlet yang terdiri dari tiga mahasiswa dan dua dosen," katanya.

Adapun atlet yang bakal berangkat ke Kendal mewakili UHB yakni Khakimul Nur Alifah (S1 Keperawatan), Mirna Artin Setya Rahayu (S1 Farmasi), dan Laely Alfiani Roudhatul Khasanah (mahasiswa S1 Keperawatan). Sementara untuk dari jajaran dosen akan diwakilkan Anggit Wirasto, M.Eng., dan dr Yuris Tri Naili, S.H., K.N., M.H. (yur)

Images Gallery



Prev/Next News




© 2023 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu