Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date3 December 2021 4:15 pm
ByKUIP
Views89




Berita

Praktik Program Unggulan Komunitas, UHB Purwokerto Ajak Warga Tingkatkan Kesadaran Linkungan

Date3 December 2021 4:15 pm
ByKUIP
Views89

Sebelum masa praktik berakhir dan dilakukan penarikan dari tempat praktik, mahasiswa program pendidikan profesi Ners tahun akademik 2021/2022 Universitas Harapan Bangsa memberikan serangkaian penyuluhan di balai desa Rempoah, Baturraden pada Jum’at, 29 Oktober lalu.

Penyuluhan tersebut merupakan bentuk praktik dari program unggulan komunitas yang dimiliki oleh program pendidikan profesi Ners Universitas Harapan Bangsa. penyuluhan dihadiri oleh kader mahasiswa dari masing-masing  daerah praktik yaitu desa Rempoah, Karangmangu, dan Kemutug Kidul dengan masing-masing kader membawa 2 orang perwakilan warga. Penyuluhan tersebut terbagi dalam 3 rangkaian pematerian.

Pematerian pertama disampaikan oleh ibu Tri Sumarni, S.Kep, Ns, M.Kep, tentang isu global warming. Mulai dari pemahaman tentang global warming itu sendiri hingga penyebab serta dampak dari global warming  pun dijelaskan. Tidak lupa cara mencegah atau mengatasi global warming pun turut dipaparkan.

Selanjutnya materi tentang penanganan sampah rumah tangga disampaikan oleh ibu Sri Sutarsiyah, S.T. Pengelompokkan jenis sampah dan cara memisahkan, prinsip pengolahan, higga pemanfaatan hasil daur ulang sampah rumah tangga disampaikan dalam pematerian. Selin itu dampak dari sampah rumah tangga dan cara meminimalisir sampah rumah tangga pun dijelaskan supaya mengingatkan warga akan baik-buruknya sampah rumah tangga.

Materi terakhir, pelatihan pembuatan handsanitizer dari bahan alam disampaikan oleh ibu apt. Rani Prabandari, M.Farm. Tidak sekedar memberikan materi tapi perwakilan yang hadir juga ikut praktik langsung bersama dalam pembuatan hansanitizer.

Rencana tindak lanjut dari penyuluhan ini adalah semoga warga desa Rempoah, Karangmangu, dan Kemutug Kidul dapat menerapkan materi yang disampaikan dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam peningkatan kesadaran lingkungan, terlebih dalam kondisi pandemi seperti ini.


Prev/Next News




© 2022 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu