Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date24 October 2023 9:23 am
ByKUIP
Views273




Berita

Tim UHB Borong Juara Lomba Web Design Informatics Competition

Date24 October 2023 9:23 am
ByKUIP
Views273

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto kembali menorehkan tinta emasnya. Catatan prestasi ini otomatis menambah deretan penghargaan yang diraih UHB dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Terbaru, UHB memborong dua prestasi yang cukup membanggakan di ajang Lomba Web Design Informatics Competition yang digelar oleh Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Minggu (22/10/2023) kemarin. Tim UHB yang diwakili oleh tim dari Fakultas Sains dan Teknologi berhasil memborong dua trofi yakni juara 1 dan juara 3 di ajang tersebut.

Dalam ajang perlombaan tingkat nasional tersebut, Tim UHB berhasil menjadi finalis, sekaligus menjadi yang terbaik, usai bersaing dengan puluhan perwakilan-perwakilan dari universitas lain yang ada di Indonesia.

Dosen Prodi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UHB, Deny Nugroho Triwibowo, S.Kom., M.Kom., mengatakan pada ajang tersebut UHB mengirimkan dua perwakilan, yakni Tim Himatika dan Tim Himatifor.

Dari puluhan tim yang ikut serta, dipilihlah enam tim sebagai finalis. Dua dari enam tim finalis tersebut merupakan perwakilan dari UHB. Dan pada babak final, masing-masing tim melakukan pemaparan dan presentasi mengenai konsep Web Design yang digagasnya.

"Jadi ada 6 tim yang masuk menjadi finalis. Nah dari enam tim itu, dua tim diantaranya merupakan perwakilan UHB," ungkapnya.

Lebih lanjut, Deny menjelaskan dalam perlombaan tersebut tema dan gagasan masing-masing tim berbeda dan saling bersaing. Untuk Tim Himatika, kata dia, mengusung ide Website UMKMPro. Dimana website tersebut ingin difokuskan kepada para pelaku UMKM, terutama agar mereka bisa eksis untuk menjual produknya secara digitalisasi tanpa khawatir akan adanya monopoli oleh produk produk/brand yang sudah besar.

"Dalam website tersebut nantinya yang dapat melakukan pendaftaran untuk digitalisasi produk hanya dapat dilakukan oleh pelaku bisnis UMKM saja. Jadi memang benar-benar difokuskan untuk membantu UMKM," jelasnya.

Sementara untuk Tim Himatifor sendiri mengusung ide website untuk generasi z sebagai wadah mereka untuk bercerita, berkeluh kesah, dan curhat. Hal itu dilatarbelakangi oleh rentetan kasus atau fenomena yang berkaitan dengan kesehatan mental generasi z yang cukup miris dan beredar di media sosial. Seperti perundungan, stres, hingga bunuh diri.

"Sehingga dengan adanya wadah bagi generasi z, mereka bisa mengeluarkan unek-unek mereka pada website tersebut tanpa perlu khawatir komentar-komentar dari netizen seperti halnya media sosial," jelasnya.

Deny melanjutkan, pada babak grand final, masing-masing finalis mempresentasikan hasil website mereka. Dan dari 6 finalis yang ada, dua perwakilan UHB berhasil meraih juara.

"Untuk juara 1 diraih oleh Tim Himatifor UHB, dan Tim Himatika UHB meraih juara 3," tegasnya.

Dengan raihan ini, Deny berharap bisa menjadi cambuk bagi mahasiswa lain di Universitas Harapan Bangsa, khususnya Fakultas Sains dan Teknologi UHB, untuk lebih bisa memaksimalkan potensi-potensi digital sebagai sarana atau wadah yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita berharap pengembangan website ini tidak berhenti pada lomba saja. Tetapi berkelanjutan dengan maintenance yang baik. Sehingga bisa menjadi upaya untuk pengabdian kepada masyarakat, yang merupakan pengamalan Tri Dharma Universitas," pungkasnya. (yur)
 

Images Gallery



Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu