Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date5 March 2021 9:53 pm
ByKUIP
Views574




Berita

UPGRADE SKILL MELALUI PELATIHAN BTCLS DI TENGAH PANDEMI

Date5 March 2021 9:53 pm
ByKUIP
Views574

Untuk menciptakan lulusan yang kompeten serta memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan dalam melakukan pertolongan pertama pada kondisi kegawatdaruratan Universitas Harapan Bangsa (UHB) bekerjasama dengan Smart Emergency Service Indonesia selenggarakan pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS). Acara yang berlangsung dari hari selasa hingga jumat (02/03-05/03) ini dilakukan secara blended learning bertempat di Kampus Universitas Harapan Bangsa (UHB).

Dalam dunia keperawatan, BTCLS merupakan pelatihan yang menyediakan suatu metode dan dapat dipercaya dalam penanganan kasus trauma. Dengan demikian, setiap peserta yang mengikuti pelatihan BTCLS harus fasih mengenali kondisi pasien dengan cepat dan teliti. Kemudian melakukan tindakan resusitasi dan stabilisasi pasien menurut prioritas. Peserta pelatihan berjumlah 62 yang sebagian besar mahasiswa prodi D3 Keperawatan UHB dituntut bisa melakukan pertolongan pertama pada kondisi gawat darurat dengan baik sehingga bisa diimplementasikan sesuai kondisi dilapangan.

Prasanti Adriani, S.SiT.,S.Kep.,Ns.,M.Kes selaku koordinator dan juga ketua panitia kegiatan mengatakan pelatihan BTCLS ini dilaksanakan secara blended learning,yaitu dengan teknis dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Peserta diberikan materi selama 2 hari dengan teknis daring melalui aplikasi Zoom, dan pada dua hari terakhir melaksanakan materi praktek langsung di kampus UHB. Praktek langsung dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, dan sebelumnya dilalukan rapid test guna memastikan kesehatan peserta. Seluruh peserta dan juga pemateri menggunakan masker serta face shield dan juga menjaga jarak serta menerapkan protokol 5M pencegahan Covid-19.

Pembelajaran praktek dan evaluasi skill dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai protokol kesehatan, hal ini juga sangat memudahkan peserta dalam mengikuti serta menyerap ilmu yang diberikan.

“Banyak ilmu yang di dapat selain tentang materi skill yang diberikan, kita juga belajar dari para trainernya mulai dari kedisiplinan, kesigapan, kepekaan dan menjadi sosok orang yang tertata. Trainer yang asik, baik dan sabar serta penyampaian materinya mudah dipahami bikin pelatihan ini jadi seru dan ngga kerasa tiba-tiba udah selesai.” Ungkap Fanisa Wulandari salah satu peserta pelatihan BTCLS UHB.

Images Gallery



Prev/Next News




© 2022 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu