Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Bekali Mahasiswa Hadapi Pasar Bebas

Information

Date27 December 2018 10:39 am
ByHari Wicaksono
Views176




Berita

Bekali Mahasiswa Hadapi Pasar Bebas

Date27 December 2018 10:39 am
ByHari Wicaksono
Views176

PURWOKERTO- Sebagai bentuk evaluasi kompetensi mahasiswa setelah menempuh perkuliahan enterpreneur, Universitas Harapan Bangsa (UHB) menggelar praktikum enterpreneur.

Tujuannya agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu/teori yg telah diperolehnya secara langsung dilapangan. Juga sebagai salah satu langkah, untuk membekali mahasiswa menghadapi pasar bebas.

Tim Pengampu MK Enterprenur, Susilo Rini SST, M.Kes mengatakan, selain itu tujuan adanya praktikkum ini untuk mengasah kemampuan kewirausahaan mahasiswa.

Mahasiswa UHB menggelar praktikum entrepeneur. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk evaluasi kompetensi mahasiswa setelah menempuh perkuliahan entrepeneur.

Kegiatan ini merupakan bagian dari materi perkuliahan kewirausahaan yang ambil oleh para mahasiswa. Selain mendapat teori di ruang kelas, mahasiswa juga diminta untuk praktik bagaimana membuat produk, brand hingga memasarkannya ke konsumen.

"Setelah ini mahasiswa mampu membuat businnes plan guna memulai dan mencoba menerapkan sebuah usaha. kami berharap kedepannya walaupun perkuliahan telah usai,pengalaman secara langsung melaksanakan praktik wirausaha ini akan menumbuhkan kecintaan dan semangat mahasiswa berwirausaha," ujarnya.

Lebih jauh Rini mengatakan, Ini merupakan bekal dalam menghadapi pasar bebas karena persaingan semakin ketat, jadi diharapkan dengan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah khususnya kewirausahaan.

"Dengan ini, para mahasiswa mampu bersaing dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri," kata dia. Menurut dia, praktik kewirausahan ini merupakan kegiatan louncing produk hasil usaha yang telah dibuat oleh mahasiswa jurusan Kebidanan D3 UHB.

Setelah launching, nantinya akan dipasarkan secara langsung di luar kampus yang dibawah bimbingan sejumlah dosen pengampu yakni Alfizi, SE,MM, Susilo Rini, SST, M.Kes, Maya Safitri, SST, M.Kes dan Wilis Sukmaningtyas, SST, M.Kes, " ujarnya.

Pada teknisnya, mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk merumuskan ide usaha yang akan dipasarkannya. Dari masing-masing kelompok inilah muncul macam2 jenis produk yang siap dipasarkan di Purwokerto dan sekitarnya.

"Harapannya kegiatan ini juga dapat menyaring beberapa kelompok yang proposal kewirausahaannya bagus utk dapat dibimbing lebih lanjut guna mengikuti PKM Kewirausahaan Kemenristekdikti," jelasnya.

Sambil menunggu informasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Ristekdikti di buka, jika ada peluang mereka juga akan diikutsertakan dalam kegiatan tersebut.

"Tidak menutup kemungkinan kelak mahasiswa kami dapat menerapkan dengan baik mulai dari memiliki ide kreatif, inovatif, menghasilkan produk baru, menciptakan brand/merek sendiri, pengemasan, menentukan harga/mnajemen keuangan, memasarkan langsung/online. dan berhasil membuka usaha mandiri selesai kuliah," ujarnya. (ida)

Entrepreneur 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu