Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Diet BRATTY Untuk Anak Diare

Information

Date12 February 2016 1:55 pm
ByAdmin
Views826




Kesehatan

Diet BRATTY Untuk Anak Diare

Date12 February 2016 1:55 pm
ByAdmin
Views826

KETIKA anak sakit, sering kali menjadi momok bagi ibu. Penyakit yang sering kunjung datang adalah Diare. Nah, ulasan kali ini akan mengetengahkan tentang diare.

Seperti kita ketahui, diare merupakan gangguan pencernaan (baca: penyakit diare). Hal ini erat kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi. Ada makanan yang menyebabkan diare menjadi parah. Di sisi lain ada makanan yang baik bahkan dianjurkan saat diare.

Makanan untuk penderita diare yang terbaik yaitu yang memiliki sifat mudah dicerna, memiliki efek mengentalkan feses, dan memenuhi kebutuhan cairan. Diet pada anak diare salah satunya dianjurkan dengan memakan makanan BRAT(T)Y (Banana, rice, apple sauce, toast, (tea), yogurt) sering direkomendasikan untuk balita diare. Diet BRATTY bukan obat diare. Diare tidak boleh distop dan akan sembuh sendiri saat ganggaun pencernaan bisa dilewati, atau racun yang harus dibuang sudah habis. Tapi berdasarkan kandungan kandungan dari makanan-makanan ini, sifatnya memadatkan feses dan membantu pencernaan. Jadi diharapkan dengan mengkonsumsi BRATTY, diare tampak membaik.

Makanan tersebut penting dikonsumsi terutama 24 jam pertama diare yang dapat membantu meringankan diare serta memberikan vitamin penting, mineral, dan karbohidrat yang mudah dicerna (diserap).  Karena, BRATTY direkomendasikan terutama untuk home treatment. Jadi hanya makan makanan yang ada di daftar ini saja, tanpa asupan makanan lain. Bisa disimpulkan, makanan yang baik saat diare antara lain pisang, beras, sereal, saus apel, teh, roti, dan jelly yoghurt, kentang rebus.

Asupan cairan dan elektrolit saat mengalami diare tubuh kita akan kehilangan cairan dengan cepat sehingga mudah mengalami dehidrasi, baik kehilangan cairan maupun elektrolit. Oleh karena itu perbanyaklah minumcairan yang mengandung elektrolit seperti air putih, kuah kaldu, kuah sayur bening, jus, atau bisa juga dengan air gula dicampur garam (LGG = Larutan gula garam).

Selain itu makanan pantangan untuk penderita diare harus dihindari yaitu yang bersifat susah dicerna, membuang cairan tubuh, dan mengiritasi saluran pencernaan sehingga memperparah diare. Pantangan makanan untuk penderita diare sama pentingnya dengan hal diatas, adalah mengetahui makanan apa yang harus dihindari saat diare. Karena ada jenis makanan tertentu yang dapat melkukan perjalan melalui usus dengan sangat cepat dan memperburuk kondisi, atau memperburuk diare dengan cara lain. Hindari makanan berikut ini saat diare:

1. Makanan berlemak

Ini termasuk makanan yang digoreng dan makanan yang berminyak atau yang bersantan kental, yang dapat membuat diare lebih buruk.

2. Susu, mentega, es krim, dan keju

Bahkan jika diare tidak disebabkan oleh intoleransi laktosa (kesulitan memproses gula laktosa, yang ditemukan dalam produk susu), hindari makan ini selama diare masih berlangsung. Probiotik pada yoghurt mungkin satu pengecualian untuk aturan ini

3. Minuman Alkohol dan kafein

Orang yang diare, harus menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan pengeluaran (kehilangan) cairan. Alkohol dan kafein dapat bertindak sebagai diuretik (membuang cairan tubuh), yang berarti akan menyebabkan atau meperburuk dehidrasi.

4. Sorbitol dan pemanis buatan lainnya

Beberapa orang menemukan bahwa pemanis buatan memiliki efek pencahar pada sistem pencernaan. Jika aanda sedang diare maka hindarilah permen dan permen karet, diet minuman ringan, dan makanan kaya pemanis buatan.

5. Makanan yang menyebabkan gas berlebih

Memang sangat penting makan banyak buah-buahan dan sayuran setiap hari. Namun, ketika terjadi diare, maka kita harus menghindari pilihanmakanan yang cenderung meningkat gas usus, seperti kubis atau kol, kacang-kacangan, brokoli, dan kembang kol, sampai anda merasa lebih baik. Selain itu hindari juga obat-obatan anti diare pada 24 jam pertama, karena diare biasanya merupakan cara tubuh membersihkan infeksi dan hal-hal buruk yang perlu dikeluarkan terutama untuk diare ringan, kecuali atas rekomendasi dokter. (Penulis: Lindayanti, SST, M.Keb / Dosen Kebidanan)

 

Sumber:

berita: radarmas

gambar: google.co.id


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu