Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Bupati Purbalingga saat menyambut kedatangan tim PKMD dari STIKes Harapan Bangsa Purwokerto. Bupati juga menyempatkan berbincang dengan mahasiswa

Information

Date10 March 2018 10:39 am
ByAdmin
Views1196




Berita

Jalani Praktik Keperawatan Komunitas Dengan PKMD

Date10 March 2018 10:39 am
ByAdmin
Views1196

PURBALINGGA - Sebanyak 98 mahasiswa Program Studi Keperawatan D3 Stikes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto semester 6, menjalani praktik keperawatan komunitas di Desa Kemangkon dan Desa Kedung Benda Kecamatan Kemangkon, Purbalingga (5-30/3).

Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD). Bupati Purbalingga, Tasdi SH MM, membuka kegiatan PKMD ini. Penyerahan mahasiswa SHB dilakukan Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Reni Setyaningsih SKM MPH.

Acara juga dihadiri Ketua Program Studi Keperawatan D3, Murniati SKep Ns MKep dan 5 Dosen pembimbing. Koordinator PKMD, Eko Kurniawan, SKep Ns MPH menjelaskan, PKMD adalah serangkaian kegiatan masyarakat yang dilakukan berdasarkan asas gotong-royong.

"Baik dalam bidang kesehatan maupun dalam bidang yang berkaitan dengan kesehatan. Agar mampu memelihara kehidupannya yang sehat dalam rangka meningkatkan mutu hidup dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Program PKMD juga mengajak warga untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Dengan berbagai kegiatan yang ada dalam program PKMD, para mahasiswa dapat memberikan penyuluhan mengenai masalah lingkungan mulai dari sampah, sanitasi, pengolahan limbah, kesehatan remaja, lansia serta ibu dan anak.

"Diharapkan dengan program PKMD, desa dapat menjadi desa yang sehat, baik lingkungan maupun warganya," jelas dia. Dia mengatakan, pokok-pokok kegiatan PKMD yaitu persiapan masyarakat yang terdiri dari pengenalan terhadap masyarakat dan pengenalan masalah melalui pengumpulan data (SDM). 

Selain itu, penyajian juga harus dapat dimengerti masyarakat dan penyelesaian masalah yang ada dengan prioritas yang perlu ditanggulangi. Selanjutnya pembentukan kader dan pengorganisasian kader serta pelatihan kader kesehatan desa. 

Perencanaan kegiatan PKMD dengan memilih prioritas masalah, menetapkan jenis kegiatan dan menyusun rencana kerja. "Selanjutnya pelaksanaan kegiatan, penilaian evaluasi PKMD, pembinaan PKMD dan perluasan program PKMD," pungkasnya. (ali)


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu