Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News

Information

Date22 April 2019 2:03 pm
Posted ByHari Wicaksono
Views27


Mahasiswa Profesi Ners Praktik Stase Manajemen

Berita
USAI Praktik: Mahasiswa Program Profesi Ners berfoto bersama. Sumber gambar: rsudajibarang.banyumaskab.go.id
Date22 April 2019 2:03 pm
ByHari Wicaksono
Views27

PURWOKERTO-Sebanyak 18 mahasiswa Program Profesi Ners yang diselenggarakan oleh Prodi Keperawatan S1 UHB menjalankan praktik stase manajemen keperawatan di RSUD Ajibarang.

Mahasiswa UHB ditempatkan di ruang Kepodang atas dan bawah dengan pelaksanaan yang dibagi menjadi dua kelompok mahasiswa yaitu pada 11 sampai 30 Maret dan 1 hingga 20 April.

Dalam sambutannya, Kepala Seksi Keperawatan RSUD Ajibarang Nasim, S.Kep, Ns mengingatkan sebaiknya mahasiswa belajar tentang manajemen keperawatan tidak hanya di RS milih pemerintah tetapi juga di RS swasta. Selama stase manajemen keperawatan, mahasiswa menganalisa ruangan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP).

"Tantangannya mahassiwa harus bisa memberikan gambaran MPKP yang benar kepada para perawat di ruangan tersebut," katanya.

Kepala Ruang Perawatan Kepodang Bawah, Gunawan, S.Kep, Ns menyambut baik praktik stase manajemen keperawatan mahasiswa UHB karena turut berperan membenahi manajemen asuhan keperawatan. Misalnya dalam membuat Standar Asuhan Keperawatan (SAK) 10 besar penyakitnya.

"Ini bisa menjadi acuan teman-teman perawat dalam membuat dokumentasi asuhan keperawatan," ungkapnya.

Sekretaris Profesi Ners Prodi Keperawatan S1 UHB, Wasis Eko Kurniawan S.Kep, Ns, MPH mengatakan praktik stase manajemen keperawatan tidak hanya dijalankan di RSUD Ajibarang saja namun juga di beberapa saja namun juga di beberapa rumah sakit lainnya seperti RSUD Margono Soekardjo, RSUD Kardinah Tegal, RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara dan RSUD R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Adapun total jumlah peserta sebanyak 116 Ners Muda yang dibagi ke lima rumah sakit. Tahapan stase manajemen keperawatan sendiri merupakan bagian dari kurikulum wajib. Harus ditempuh mahasiswa dengan beban dua SKS (tiga minggu) dari 36 SKS yang diwajibkan.

"Jadi Program Profesi Ners di UHB di tempuh selama sembilan bulan saja," pungkasnya. (yda) 

 


Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu