Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Mandirikan Klien Dengan Praktikum Home Care

Information

Date27 February 2019 8:57 am
ByHari Wicaksono
Views56




Berita

Mandirikan Klien Dengan Praktikum Home Care

Date27 February 2019 8:57 am
ByHari Wicaksono
Views56

PURWOKERTO-Salah satu cara untuk memandirikan klien yakni dengan praktik home care. Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk pemeliharaan kesehatan, peningkatan derajat kesehatan, upaya pencegahan penyakit dan risiko kekambuhan serta rehabilitasi kesehatan.

Koordinator PKK III Noor Rochmah Ida Ayu TP S.Kep, Ns, M.Kep mengatakan praktik klinik keperawatan merupakan salah satu strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam tindakan. Tindak tersebut bisa dilakukan secara langsung kepada klien dan keluarga.

"Praktik klinik keperawatan berbasis home care diharapkan dapat mengatasi tuntutan masyarakat terhadap kebutuhan pelayanan kesehatan. Karena saat ini pelayanan semakin meningkat dan berubah dari pengobatan di rumah sakit menjadi kebutuhan perawatan di rumah. Khususnya pada klien atau keluarga dengan penyakit terminal juga kebutuhan perawatan lansia," ucapnya.

Lebih jauh dia mengatakan, kegiatan oleh 73 mahasiswa semester 6 Program Studi D3 Keperawatan Universitas Harapan Bangsa.

Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang menyelesaikan atau lulus pada mata ajar yang telah dipraktikan yaitu keperawatan keluarga dan keperawatan gerontik.

"Untuk kegiatan kami fokuskan di Puskesmas Kedungbanteng dan Puskesmas Purwokerto Selatan," ucapnya.

Menurutnya, penentuan wilayah praktik PKK III pada stase keluarga dan gerontik dengan pelayanan home care bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banyumas.

Melihat faktor demografi yang ada (usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, agama), geografi (daerah tempat tinggal), psikografi (persepsi dan preferensi kesehatan serta jumlah penyakit yang sering dialami di wilayah tersebut.

"Harapannya, terciptanya derajat kesehatan yang optimal dan dapat membuat klien dan keluarga mampu secara mandiri memelihara kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa bersama dengan petugas puskesmas yang dalam hal ini disebut sebagai pendamping klien dan keluarga melakukan perawatan sosial dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Melakukan pendampingan, pemenuhan kebutuhan dasar diantaranya kebutuhan fisik, keamanan, cinta kasih serta aktualisasi diri, perawatan medis/kesehatan, konsultasi dan konseling, pelayanan melalui telepon.

"Dalam melakukan tindakan ini, pendamping mengikutsertakan keluarga dalam pendampingan dan perawatan," tutupnya. (ida)


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu