Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date18 April 2019 9:21 am
ByAnggit Wirasto
Views74




Teknologi

Menangani Gagal Aktivasi Produk Microsoft Office di MacBook

Date18 April 2019 9:21 am
ByAnggit Wirasto
Views74

Oleh: Anggit Wirasto, M.Eng. (Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UHB)

Aplikasi perkantoran keluaran Microsoft, yaitu keluarga Microsoft Office yang antara lain terdiri dari MS Word, MS Excel dan MS Power Point merupakan salah satu produk yang paling banyak digunakan dan terinstall di laptop maupun PC. Pagi ini ketika hendak mengolah file tulisan di MS Word saya mendapati bahwa tiba-tiba aplikasi MS Office yang terinstall di laptop saya (MacBook Pro) dalam status tidak teraktivasi, sehingga saya tidak bisa melakukan editing di semua dokumen.

Saat melakukan aktivasi ulang dengan memasukkan akun dan password langganan Office 365 saya justru muncul error dengan pesan seperti yang tampak di ilustrasi di atas. Hasil pencarian di internet membawa saya ke artikel di https://answers.microsoft.com/en-us/msoffice/forum/all/office-365-mac-system-clock-is-inaccurate/4d8e8b61-f409-465d-8a3f-4f415520302b. Dalam artikel tersebut dipandu langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Keluar dari semua aplikasi Office;
  2. Buka aplikasi Finder (file explorer di OS keluaran Apple), pilih menu Go, lalu Go to Folder;
  3. Ketikkan ~/Library/ untuk membuka folder Library;
  4. Cari folder berikut ini dan pindahkan ke Desktop
    • UBF8T346G9.ms​
    • UBF8T346G9.Office​
    • UBF8T346G9.OfficeOsfWebHost
  5. Buka kembali aplikasi Word, dan lakukan aktivasi ulang;
  6. Setelah berhasil melakukan aktivasi ulang maka ketiga folder yang dipindahkan ke Desktop tersebut bisa dihapus permanen.

Langkah-langkah di atas cukup sederhana dan mudah diikuti, namun masalahnya setelah sampai langkah ke-4 saya tidak dapat menemukan ketiga folder dimaksud. Akhirnya saya melakukan pencarian manual terhadap ketiga folder tersebut, dan menemukan ketiganya ternyata ada di folder Group Containers di dalam folder Library.

Setelah ketiga folder saya pindahkan ke Desktop saya ikuti langkah selanjutnya yaitu membuka kembali aplikasi Word dan melakukan aktivasi ulang. Kali ini proses aktivasinya berhasil dan semua aplikasi Office bisa saya gunakan secara penuh kembali. Oh ya, langkah troubleshooting ini berlaku untuk aplikasi Office yang terinstall di OSX dan tentunya merupakan aplikasi Office yang diperoleh secara legal, bukan bajakan.


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu