Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News

Information

Date23 April 2019 3:10 pm
Posted ByHari Wicaksono
Views45


Perawat Dituntut Mampu Tangani Keadaan Kritis

Berita
Pelatihan: Peserta Pelatihan BTCLS UHB Purwokerto dibimbing langsung oleh pakar dari Jakarta Medical Service and Training 119
Date23 April 2019 3:10 pm
ByHari Wicaksono
Views45

PURWOKERTO - Bekerjasama dengan Jakarta Medical Service and Training 119, Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto menggelar Pelatihan Basic Trauma and Cardiac Life Support (BTCLS) untuk mahasiswa Prodi Keperawatan D3 pada 11 sampai 14 April 2019. 

Dosen Prodi Keperawatan S1 UHB sekaligus Koordinator BTCLS baik untuk S1 ataupun D3 Keperawatan Ns Azka Fathiyatir Rizqillah MN mengatakan mahasiswa dituntut untuk memiliki keterampilan dalam menangani beberapa keadaan kritis seperti kecelakaan massal.

"Masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas menuntut setiap tenaga kesehatan dapat mengangani pertolongan pertama pasien kecelakaan lalu lintas," katanya.

Ns Azka menjelaskan pelatihan tidak hanya diikuti oleh mahasiswa semester enam Prodi Keperawatan D3 melainkan juga datang dari alumni dan perawat puskesmas di area Purwokerto dengan jumlah peserta mencapai 87 orang.

Gedung C UHB Purwokerto dipilih sebagai lokasi pelatihan karena mudah dijangkau dan menyediakan peralatan laboratorium yang lengkap untuk menunjang meteri praktik serta ujian praktikum.

"Peserta dibekali keterampilan penanganan pertama trauma dan masalah kegagalan jantung," terangnya.

Dirinya berharap dengan pengetahuan keterampilan terkait penanganan trauma dan masalah kegawatan jantung yang diberikan selama pelatihan serta pengalaman trauma secara nyata di lapangan dari simulasi mass casualties pada hari terakhir pelatihan, mahasiswa benar-benar dapat memahami teori, praktikum, ujian praktikum dan simulasi penangan bencana (mass casualties) tersebut.

"Semua peserta lulus. Materi praktikum , teori  dan simulasi," ungkap Ns Azka.

Adapaun kegiatan di hari pertama dan kedua dari pagi sampai malam hari membahas penuh tentang teori penanganan trauma dan masalah jantung bersama dokter-dokter spesialis dari tim 119 Jakarta.

Lanjut pada hari ketiga dan keempat full praktik dan ujian praktikum yang dibimbing langsung oleh tim instruktur dari 119 Jakarta. Pelatihan ditutup dengan simulasi penanganan bencana (mass casualties).

"Kegiatan berjalan dengan lancar sampai akhir," pastinya. (yda)

BTCLS 

Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu