Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date18 April 2019 8:49 am
ByAnggit Wirasto
Views65




Teknologi

Perlukah Melakukan Safely Remove Hardware and Eject Media

photo by Brina Blum on Unsplash
Date18 April 2019 8:49 am
ByAnggit Wirasto
Views65

Oleh: Retno Agus Setiawan, S.Kom., M.T. (Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UHB)

Kita sering melihat kebiasaan  Eject Removable Disk atau istilah lainnya safely remove hardware ketika melepas USB drive yang tercolok dikomputer Windows. Perlukah hal tersebut dilakukan?

Ada sebagian orang beranggapan bahwa hal tersebut adalah penting dilakukan untuk menghindari data rusak atau hilang saat melepas USB drive, namun sebaliknya ada pula yang beranggapan bahwa hal tersebut tidak perlu dilakukan karena alasan sistem operasi Windows yang sudah semakin canggih.

Seperti diketahui sejak hadirnya teknologi media penyimpanan eksternal, kita telah diperingatkan bahwa media USB drive tersebut harus dilepas menggunakan cara yang benar daripada hanya langsung dicabut. Artinya media penyimpanan USB drive harus safely removed dengan metode yang dibenarkan di Windows. Hal tersebut akan menghindarkan kita dari kerusakan atau kehilangan data dikarenakan prosedur melepas yang kurang tepat. Namun baru-baru ini Microsoft mengeluarkan update terbaru untuk Windows 10, 1809.

Windows mengeluarkan kebijakan terkait dengan media penyimpanan eksternal, meliputi :

  • Quick removal

Kebijakan ini memungkinkan media penyimpanan untuk dapat setiap saat dilepas. Pengguna bisa langsung melepas USB drive tanpa perlu melakukan prosedur safely remove hardware.

  • Better performance

Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan performa sistem dengan mengijinkan Windows melakukan cache pada memori eksternal seperti USB drive. Pada setelan ini pengguna harus melakukan safely remove hardware ketika ingin melepas USB drive dari komputer.

Sebelum update Windows 10 1908 setelan standar media penyimpanan eksternal adalah Better Performance sehingga proses safely remove hardware harus dilakukan ketika ingin melepas USB drive dari komputer. Namun hal tersebut tidak lagi perlu dilakukan karena pada update Windows 10 1908 terbaru setelan standar adalah Quick removal, yang artinya media USB drive bisa langsung dilepas tanpa harus melakukan prosedur safely remove hardware. Pengguna harus memastikan sistem operasi Windows yang digunakan sudah menerima pembaharuan terbaru.

Windows menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk memilih setelan kebijakan yang ingin mereka gunakan, melalui cara sebagai berikut:

  1. Hubungkan device (USB drive) ke komputer
  2. Klik kanan pada ikon Start, pilih File Explorer
  3. Identifikasi nama device yang terhubung, missal USBdrive (D:)
  4. Klik kanan pada ikon Start, pilih Disk Management
  5. Pada bagian bawah jendela Disk Management klik kanan pada label USB drive kemudian pilih Properties.
  6. Pilih Policies, kemudian pilih setelan kebijakan yang ingin digunakan

 

Hal yang pelu diperhatikan jika memilih Better performance adalah prosedur safely remove hardware harus dilakukan ketika ingin melepas USB drive dari komputer.  Jika hal tersebut diabaikan maka data akan berpotensi hilang atau rusak.

teknologi 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu