Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Prodi D4 Anestesiologi kini punya satu lab anestesi yang terbagi menjadi tiga ruangan untuk praktikum.

Information

Date31 May 2019 2:26 pm
ByHari Wicaksono
Views72




Berita

Prodi D4 Anestesiologi Miliki Fasilitas Lengkap

Lengkap: Praktek perkuliahan di Universitas Harapan Bangsa ditunjang dengan sarana prasarana yang lengkap
Date31 May 2019 2:26 pm
ByHari Wicaksono
Views72

PURWOKERTO - Sebagai prodi baru, Prodi D4 Anestesiologi Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto cepat melengkapi semua fasilitas perkuliahan.

Kepala Prodi D4 Anestesiologi UHB, Tophan Heri Wibowo, S.Kep, Ners, MAN mengatakan Prodi D4 Anestesiologi UHB kini sudah memiliki UHB kini sudah memiliki 1 lab anestesi terbagi menjadi 3 ruang yang bisa digunakan untuk praktikum mahasiswa.

"Dapat dikatakan 3 ruang tersebut bisa dipakai untuk praktikum secara bersamaan," katanya.

Tophan menjelaskan lab didesain menyerupai ruang operasi. Ada bagian penerimaan pasien/pesiapan (induksi), ruang scrub (cuci tangan steril) dan instrumen, ruang bedah sampai ruang recovery atau pemulihan. Fasilitas lab pun layaknya berada diruang operasi.

Terdapat meja operasi, lampu operasi, mesin anestesi, ventilator, mesin suction, mesin EKG dan panthom khusus untuk tindakan pemasangan endotrakheal tube dan perlengkapannya. Digunakan untuk praktikum anestesi seperti pemasangan ET, penggunaan mesin anestesi, penggunaan ventilator serta monitoring.

"Fasilitas semua dilengkapi tujuannya untuk menunjang pembelajaran praktikum sehingga mahasiswa sudah punya skill sebelum pembelajaran praktik di rumah sakit," terang dia.

Dirinya melanjutkan mahasiswa Prodi D4 Anestesiologi UHB angkatan paling awal saat ini baru berada pada semester 2 selama satu tahun berjalan. Semester depan mahasiswa angkatan awal Prodi D4 Anestesiologi tersebut baru diperkenalkan dengan peralatan anestesi karena pada semester 1 dan 2 mahasiswa baru mendapat matakuliah dasar seperti anatomi, fisiologi, biokimia, farmakologi dan matakuliah umum seperti agama, pancasila dan lain-lain. Barulah pada semester 3 mahasiswa sudah mulai menjurus ke mata kuliah yang berkaitan dengan anestesi sampai semester 8 yang otomatis praktikumnya ada yang menggunakan mesin anestesi. "Mahasiswa tidak hanya diajarkan pengoperasiannya, tetapi juga diajarkan bagaimana cara kerja mesin anestesi," sambung Tophan. Dia menyakini meski untuk angkatan awal mahasiswa Prodi D4 Anestesiologi baru sebanyak 13 orang, untuk angkatan berikutnya kemungkinan besar jumlah mahasiswa akan naik 3 sampai 7 kali lipat dari jumlah mahasiswa angkatan awal. "Mungkin lab akan dipakai setiap praktikum untuk 4, 6 atau 13 mahasiswa," pungkasnya. (ida)  


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu