Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News

Information

Date18 December 2018 8:04 am
Posted ByHari Wicaksono
Views147


UHB Gelar Seminar Nasional Kefarmasian Edukasi Tentang Obat Herbal

Berita
Date18 December 2018 8:04 am
ByHari Wicaksono
Views147

PURWOKERTO-Universitas Harapan Bangsa mengedukasi masyarakat mengenai obat herbal. Salah satunya dengan melakukan seminar nasinal kefarmasian, Peran Farmasis Dalam Optimalisasi Swamedika Obat Herbal. 

Ketua Pelaksana Seminar Peppy Octaviani DM MSc Apt MH mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan seminar rutin yang diadakan oleh Prodi Sarjana Farmasi Universitas Harapan Bangsa setiap tahunnya. Karena saat ini banyak masyarakat yang memilih pengobatan menggunakan obat herbal.

"Hal ini lantaran obat herbal dianggap aman tanpa efek samping dibanding obat sintesis. Tetapi memiliki pengetahuan yang sangat minim dalam pemilihan dan penggunaannya. Terlebih banyak obat herbal yang beredar di Indonesia khususnya jamu," katanya.

Menurutnya, pasien dengan penyakit-penyakit kronis yang lelah menggunakan obat sintesis dan takut efek samping,  seperti takut merusak ginjal jika meminum obat lama-lama, akhirnya memilih obat herbal. Namun kadang tidak tepat baik dosis, cara maupun waktu penggunaan. 

"Ditambah lagi dengan banyaknya obat herbal yang beredar dicampuri BKO yang belum masyarakat ketahui. Sehingga UHB berpendapat seminar kali ini memang benar-benar dibutuhkan," jelasnya. 

Lebih jauh dia mengatakan, tujuan kegiatan ini antara lain memfasilitasi peserta kegiatan untuk menambah pengetahuan peserta kegiatan terkait obat herbal. Dan optimalisai penggunaanya untuk pengobatan.
 Selain itu, juga diharapkan dapat memfasilitasi peserta kegiatan untuk menambah pengetahuan peserta kegiatan mengenai peran farmasis dalam swamedikasi obat herbal.

"Ditambah lagi, dengan peningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta kegiatan tentang fitofarmaka Indonesia panduan tradisional dan teknologi
," jelasnya. 

Peppy Octaviani menyebutkan, kegiatan yang diikuti oleh 116 peserta dari mahasiswa Prodi Farmasi UHB dan undangan lain seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, perwakilan Ikatan Apoteker Indonesia(IAI) cabang banyumas, PAFI (Persatuan Ahli Farmasi) cabang banyumas juga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta kegiatan mengenai BioDiversitas  Herbal Indonesia.

Seminar yang dilaksanakan Rabu (28/11) lalu di Hall Hotel Dominic pukul 08.00-16.00 tersebut diharapkan bisa menambah pengetahuan mahasiswa. Sehingga dapat memberikan pelayanan swamedikasi nantinya jika sudah menjadi apoteker, dengan memberikan terapi yang aman bagi masyarakat. 

"Dimana Swamedikasi diera sekarang ini sudah dikenal secara luas, sehingga pasien yang sakit bisa berobat secara mandiri tanpa harus langsung pergi ke dokter," ujarnya.

Dijelaskan Peppy, seminar tersebut diisi oleh beberapa narasumber. Seperti 
Guru Besar Universitas Gajah Mada Yogyakarta Prof Dr Suwidjiyo Pramono DEA Apt. Materi yang dibawakan dengan teman Peningkatan Efektivitas dan Daya Saing Obat Alami Indonesia
2. Narasumber lain yakni Dosen Farmasi UHB Ikhwan Yuda Kusuma SFarm MSi Apt dengan materi yang dibawakan BioDiversitas Herbal Indonesia. (ida)

Seminar Seminar Nasional 

Prev/Next News




© 2018 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu