Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


UHB Ikuti Bursa Inovasi Desa

Information

Date18 December 2018 7:49 am
ByHari Wicaksono
Views71




Berita

UHB Ikuti Bursa Inovasi Desa

Date18 December 2018 7:49 am
ByHari Wicaksono
Views71

PURWOKERTO-Universitas Harapan Bangsa (UHB) ikut berkontribusi dalam Bursa Inovasi Desa yang digelar di Grand Karlita Senin (26/11) lalu. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan bisa menjalin kerjasam antara desa dengan peserta bursa, dimana UHB menjadi salah satu peserta bursa.

Ketua LPPM UHB, Ema Wahyu Ningrum SST M.Kes mengatakan, desa memiliki otonomi untuk memajukan desanya sendiri. Salah satu caranya dengan program inovasi desa. "Program ini merupakan program dari dinas sosial," ujarnya.

Menurutnya, setiap desa memiliki karakter dan lingkungan yang berbeda. Oleh karena itu, Dinsos menyelenggarakan bursa inovasi desa yang salah satu pesertanya adalah dari Perguruan Tinggi. Sehingga UHB terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Selain Perguruan Tinggi peserta lain juga dari LSM juga CV," jelasnya. Ema Wahyu Ningrum mengungkapkan.

UHB menjadi salah satu peserta kegiatan tersebut karena sejalan dengan program Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Bursa Inovasi Desa tersebut juga dihadiri oleh seluruh kepala desa di Banyumas dalam kegiatan workshop. Dengan bertemunya antara kepala desa dengan peserta maka akan ada produk inovasi desa.

"Nanti diharapkan ada produk inovasi dari peserta yang dapat diaplikasikan oleh desa sesuai dengan kebutuhan desa tersebut," jelasnya.

Ke depan untuk UHB terbangung kerjasama antara UHB dengan desa, sehingga ilmu pengetahuan yang berbasis evidence based dapat terterapkan oleh desa.

Sehingga desa menjadi lebih produktif dengan adanya peningkatam inovasi desa. Dalam kegiatan itu, UHB menawarkan beberapa pelatihan yang bisa dimanfaatkan oleh desa sebagai bentuk inovasi desa.

"Dengan adanya berbagai hal yang ditawarkan oleh UHB, diharapkan desa akan menjadi lebih produktif," ujarnya.

Jenis pelatihannya antara lain pelatihan bantuan hidup dasar, pelatihan pengalaman jamu, kosmetik herbal dan pengobatan tradisional. Selain itu, juga pelatihan mitigasi bencana, pelatihan asuhan pada ibu hamil dan ibu menyusui, pelatihan deteksi stunting dan manajemen gizi pada balita. Juga pelatihan penggunaan informasi teknologi untuk data desa.

"Dari kegiatan tersebut, banyak kepala desa yang bekerjasama dengan UHB, dan nantinya akan ditindaklanjuti dengan MoU," imbuhnya. (ida)


Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu