Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Agar pemahaman seluruh dosen dalam memahami apa itu penelitian UHB Selenggarakan Kuliah Tamu

Information

Date17 May 2019 10:36 am
ByHari Wicaksono
Views52




Berita

UHB Selenggarakan Kuliah Tamu

Kuliah Tamu: Puluhan dosen UHB mengikuti kuliah tamu aplikasi matematis di bidang Kedokteran dan strategi publikasi internasional
Date17 May 2019 10:36 am
ByHari Wicaksono
Views52

PURWOKERTO - Agar pemahaman seluruh dosen dalam memahami apa itu penelitian interdisiplin ilmu/ Inter Profesional Education (IPE) dan beberapa strategi publikasi internasional meningkat, Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto menyelenggarakan kuliah tamu aplikasi matematis dibidang Kedokteran dan strategi publikasi internasional bagi 60 dosennya, Selasa (30/4).

Kepala LPMM UHB, Ema Wahyuningrum, SST, M.Kes mengatakan dosen UHB mulai dimotivasi untuk melakukan kegiatan penelitian IPE antar disiplin ilmu. Dengan bertransformasi dari stikes jadi universitas yang terdiri dari beberapa fakultas maka pihaknya mengikuti himbauan pemerintah untuk menghilirisasi penelitian menuju produk paten, yang lebih mudah dicapai apabila penelitian dilakukan secara interdisiplin ilmu (IPE).

"Kami mengundang Dr. Fajar Adi Kusumo, M.Si dari UGM dimana beliau telah melakukan penelitian lintas disiplin ilmu," katanya.

Dr. Fajar Adi Kusumo, M.Si dari UGM

Ema menjelaskan meski Dr. Fajar Adi Kusumo, M.Si merupakan dosen di Fakultas Matematika UGM, penelitiannya bergelut dengan bidang kesehatan. Artikel penelitiannya banyak yang mengaplikasikan Matematika pada bidang kedokteran seperti kanker nosofaring, kanker serviks.

"Banyak diskusi selama kegiatan. Materi disampaikan dalam 2 sesi. Sesi pertama aplikasi matematis di bidang kedokteran dan sesi kedua tentang strategi publikasi internasional," terang dia.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman dosen, kuliah tamu bertujuan mensosialisasikan aplikasi matematis di bidang kedokteran sebagai contoh dari penelitian interdisiplin ilmu/IPE dan beberapa strategi publikasi internasional.

"Hasilnya semua dosen mulai memahami IPE dan strategi publikasi internasional," pungkas Ema. (yda)

Kuliah Tamu 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu