Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Uji Osca Praktik Klinik Kebidanan IIB, 85 Persen Mahasiswa Lulus

Information

Date27 December 2018 10:17 am
ByAdmin
Views160




Berita

Uji Osca Praktik Klinik Kebidanan IIB

Date27 December 2018 10:17 am
ByAdmin
Views160

PURWOKERTO-Sebanyak 85 persen mahasiswa lulus dalam Uji Osca Pra Praktik Kebidanan IIB dan Praktik Evidence Based Midwifery Care.

Kegiatan tersebut diikuti oleh semua mahasiswa semester V prodi Kebidanan D3 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Harapan Bangsa (UHB) yang berjumlah 35 mahasiswa.

Ketua PKK 2 B dan EBMC Universitas Harapan Bangsa Rosi Kurnia Sugiharti, SST, M.Kes mengatakan, pendalaman Praktik Klinik Kebidanan  (PKK) II B dan EBMC ditujukan untuk mengaplikasikan mata kuliah Kehamilan , persalinan , Nifas , BBL , KB dan kesehatan reproduksi dua.

Dengan metode pemantapan materi dan skill, berbasis penelitian terkini serta pra PKK dengan metode OSCA.

"Mahasiswi Universitas Harapan Bangsa yang kelak akan menjadi seorang bidan diharapkan dapat turut serta dalam penurunan AKI dan AKB. Sehingga diperlukan uji ini," jelasnya.

Menurutnya, mahasiswi (semester V) melaksanakan praktik klinik Kebidanan  IIB berfokus pada kasus fisiologis dan patologis serta kasus kegawat daruratan dan praktik  evidece based midwifery care yang berfoskus pada asuhan kebidanan berbasis bukti.

Sehingga menjadi sarana belajar mahasiswa bidan yang diharapkan mempunyai kompetensi tinggi dalam memberikan asuhan kebidanan kepada klien. 

Kegiatan tersebut sebagai bahan Evaluasi yang dilaksanakan secara kontinyu selama praktik berlangsung. melalui uji kompetensi pra PKK dalam bentuk OSCA.

Harapannya, mahasiswa lebih siap dalam melaksanakan Praktek kebidanan sehingga dapat mengaplikasikan asuhan kebidanan secara komprehensif terhadap klien baik kasus fisiologis, patologis dan menerapkan asuhan kebidanan berbasis bukti.

Osca dilaksanakan dalam 8 stase yaitu stase kehamilan, persalinan fisiologis, persalinan patologis,nifas,BBL, Kesehatan Reproduksi, Persiapan Alat dan EBMC. Dalam tiap stase mahasiswa melaksanakan perasat sesuai kasus selama 10 menit.

"Kemudian setelah 10 menit selesai mahasiswa berganti ke stase berikutnya sampai mahasiswa tersebut selesai menyelesaikan kasus dalam 8 stase," imbuhnya. (ida)

Uji OSCA 

Prev/Next News




© 2019 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu