Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date29 September 2023 9:25 am
ByKUIP
Views202




Berita

Universitas Harapan Bangsa Menyambut "INSAN Muda Harapan Bangsa" Melalui PKKMB

Date29 September 2023 9:25 am
ByKUIP
Views202

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa (UHB) baru saja menerima angkatan baru untuk Tahun Akademik 2023/2024. Untuk mengawali langkah para mahasiswa baru dalam kehidupan kampus, UHB pun menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di kampus 1 UHB pada 19-21 September 2023.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah salah satu momen bersejarah dalam kehidupan mahasiswa baru di Universitas Harapan Bangsa (UHB). Acara ini bertujuan memberikan gambaran sistem pembelajaran akademik dan kehidupan di kampus, dengan fokus memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, terutama dalam kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan.

Ketua PKKMB UHB, Hadi Jayusman, S.Kom., M.T., mengatakan tema PKKMB UHB tahun ini adalah "Menyambut Insan Muda Harapan Bangsa". Sebuah tema yang mencerminkan komitmen UHB dalam menyambut mahasiswa baru dengan penuh suka cita dan kegembiraan. Tujuan utama dari tema ini adalah menciptakan suasana persaudaraan yang erat diantara mahasiswa baru, sehingga terbentuk ikatan yang kuat dalam lingkungan kampus.

Mengusung tema tersebut, PKKMB UHB tahun ini mengusung slogan "INSAN Muda Harapan Bangsa", yang memiliki akronim dari Inovatif, Nasionalis, Santun, Aktif dan Ber-Norma.

Selain itu, PKKMB UHB 2023 juga memberi identitas angkatan yang unik pada angkatan baru tahun ini. Angkatan ini diberi nama "Panca Nawasena" yang memiliki filosofi yang mendalam, yakni "Panca" yang memiliki arti lima dalam bahasa Sansekerta, menandakan tahun ke-5 STIKES Harapan Bangsa berubah menjadi Universitas Harapan Bangsa. Serta "Nawasena", yang berdasarkan bahasa Sansekerta memiliki arti harapan yang cerah, mencerminkan harapan yang cerah bagi mahasiswa baru tahun 2023.

"Dengan kegiatan PKKMB ini, diharapkan para mahasiswa baru dapat langsung beradaptasi dengan kehidupan kampus yang pastinya jauh berbeda dengan kehidupan sekolah di jenjang SMK/SMK/MA/Sederajat. Apalagi PKKMB tahun ini digelar dengan rangkaian kegiatan yang cukup meriah," ungkapnya.

Dalam PKKMB tahun ini, UHB juga menghadirkan para pemateri yang kompeten di bidangnya. Diantaranya, Yupieter, seorang praktisi dalam bidang Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (K3L). Lalu ada Pak Bhabin (Ipda Herman Hadi Basuki) yang membahas kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara. Serta motivator kondang Andy F. Noya yang memberikan materi tentang Pengembangan Karakter Mahasiswa. Selain itu  pada penutupan PKKMB tampilnya Aldi Taher yang menyanyikan 10 lagu viralnya membuat semakin meriah kegiatan PKKMB UHB 2023.

PKKMB UHB 2023 diharapkan menjadi awal yang cerah bagi mahasiswa baru dalam mengejar impian akademik dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Untuk rangkaian kegiatannya, Jayus mengatakan PKKMB dimulai pada tanggal 18 September 2023 sebagai kegiatan Pra PKKMB yang meliputi technical meeting sekaligus pengenalan awal kampus kepada mahasiswa baru. Lalu dilanjutkan kegiatan inti PKKMB pada tanggal 19-20 September 2023, dengan berbagai materi dari pada pembicara, dan diakhiri dengan puncak Inagurasi PKKMB UHB 2023 yang digelar pada 21 September 2023.

"Seluruh kegiatan PKKMB UHB 2023 digelar di kampus 1 UHB yang melibatkan seluruh keluarga besar civitas akademika Universitas Harapan Bangsa," pungkasnya. (yur)

Images Gallery



Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu