Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date26 February 2024 10:14 am
ByKUIP
Views215




Berita

UHB Dukung Perpani Banyumas Lewat Gelaran POPDA Cabor Panahan

Date26 February 2024 10:14 am
ByKUIP
Views215

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa (UHB) terus mengampanyekan dan mendukung perkembangan cabang olahraga panahan di Kabupaten Banyumas. Salah satu bentuk dukungan itu terlihat dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Cabang Olahraga (Cabor) Tingkat Kabupaten Banyumas yang digelar pada Sabtu-Minggu, 24-25 Februari 2024, di Lapangan Panahan GOR Satria Purwokerto.

Rektor UHB, Dr. Yuris Tri Naili, S.H., KN., M.H., menegaskan bahwa UHB menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi di Banyumas yang sangat peduli terhadap kemajuan cabang olahraga panahan.

Dalam acara POPDA Cabor Panahan Kabupaten Banyumas tersebut, UHB juga turut aktif baik sebagai sponsorship maupun juri. Lebih dari 200 atlet panahan dari 142 sekolah di seluruh Kabupaten Banyumas turut berpartisipasi, mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Ada beberapa nomor atau divisi yang dipertandingkan dalam POPDA Cabor Panahan Kabupaten Banyumas, termasuk di antaranya adalah Nasional SD Kelas 1-3, Nasional SD Kelas 4-6, Nasional SMP/SMA, Recurve SD/SMP/SMA (sederajat), dan Compound SD/SMP/SMA (sederajat).

Keterlibatan aktif UHB dalam setiap kegiatan cabang olahraga panahan di Kabupaten Banyumas bukan hanya menjadi dukungan semata, tetapi juga menjadi bentuk pengawalan terhadap perkembangan atlet-atlet panahan di wilayah tersebut.

Salah satu buktinya, UHB tidak hanya memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UHB Archery Club yang memang dikhususkan untuk mahasiswa UHB. Tetapi juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum melalui klub panahan FAST Universitas Harapan Bangsa.

Dr. Yuris Tri Naili juga menegaskan bahwa UHB memiliki program beasiswa untuk mahasiswa berprestasi sejak tahun 2012, yang merupakan salah satu program unggulan di UHB. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi di berbagai bidang untuk mendapatkan beasiswa penuh selama masa studinya di UHB. Tidak terkecuali prestasi individu dari cabor panahan.

Perkembangan cabang olahraga panahan di Kabupaten Banyumas mendapat apresiasi yang tinggi dari Yuris. Dia mengungkapkan bahwa dengan banyaknya klub panahan dan minat terhadap cabang olahraga ini, panahan tidak lagi dianggap sebagai olahraga yang mahal.

"Dari POPDA Cabor Panahan Banyumas kemarin, peserta POPDA rata-rata didominasi siswa SD dan SMP. Hal ini menunjukkan bahwa minat dan potensi di bidang ini semakin berkembang, menciptakan kompetisi yang sehat dan meningkatkan kualitas atlet panahan di tingkat lokal hingga nasional," paparnya.

"Dengan banyaknya klub panahan di Banyumas saat ini, masing-masing klub pasti akan berlomba-lomba untuk menghasilkan atlet terbaik untuk diikutsertakan dalam kejuaraan. Sehingga persaingan atau seleksi atlet pun semakin ketat," ungkap Yuris.

"Dengan begitu penilaiannya akan sangat objektif. Harapannya atlet yang terbaik bisa mewakili Kabupaten Banyumas di tingkat Provinsi Jawa Tengah, hingga Kejuaraan Nasional (Kejurnas) nantinya," tutupnya. (*)


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu