UHB NEWS

Dorong Jiwa Entepreneur Generasi Z, UHB Gelar Expo Kewirausahaan – Dalam Rangkaian Dies Natalis Ke-22 UHB

Dorong Jiwa Entepreneur Generasi Z, UHB Gelar Expo Kewirausahaan  – Dalam Rangkaian Dies Natalis Ke-22 UHB

PURWOKERTO – Universitas Harapan Bangsa (UHB) menggelar Expo Kewirausahaan dalam rangka Dies Natalis ke-22. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 3-4 Agustus 2024 di Kampus 2 UHB dan akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan jiwa enterprenuer generasi Z.

Rektor UHB, Dr. Yuris Tri Naili, S.H., KN., M.H., menyatakan bahwa acara ini merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen UHB untuk mendorong dan membekali generasi muda dengan keterampilan kewirausahaan yang relevan di era digital.

“Expo Kewirausahaan ini diharapkan tidak hanya sekadar acara, tetapi bisa menjadi sebuah platform untuk menginspirasi dan memfasilitasi para mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide inovatif generasi Z, khususnya di wilayah Purwokerto,” ujar Dr. Yuris.

“Kami berharap acara ini sebagai wadah untuk menciptakan generasi entrepreneur yang siap menghadapi tantangan global, sambil tetap mengedepankan nilai-nilai lokal dan keberlanjutan,” imbuh Rektor.

Ketua Program Studi Manajemen Program Sarjana UHB, Faizal Rizky Yuttama, S.E., M.M., menambahkan dengan tema ‘Develop Skills and Provide Entrepreneurial Space for the Gen Z’, Expo Kewirausahaan ini mencerminkan kebutuhan akan platform yang memungkinkan generasi Z untuk mengembangkan keterampilan dan jiwa kewirausahaan mereka.

“Mereka memiliki akses yang luas terhadap informasi dan teknologi, tetapi juga menghadapi tantangan baru dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Dalam konteks ini, expo kewirausahaan menyediakan platform bagi generasi Z untuk mengasah keterampilan mereka dalam berwirausaha,” jelas Faizal.

Dalam kegiatan Expo Kewirausahaan kemarin, UHB menampilkan berbagai kegiatan, termasuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Seminar Kewirausahaan, Lomba, hingga Senam Sehat. Selain itu, UHB juga menggelar Bazar UMKM yang berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 3-4 Agustus 2024.

Faizal menambahkan bahwa konsep tenant/stand pada bazar UMKM yakni ‘Kreasi Menginspirasi Generasi’. “Dekorasi dan produk dari setiap tenant akan dinilai oleh tim penilai. Beberapa produk yang ditampilkan di antaranya adalah makanan dan minuman, layanan jasa edit dan pembuatan logo, layanan jasa konsultasi hukum, serta layanan jasa bimbingan bahasa Inggris,” ujar Faizal.

Expo ini juga bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Bank Mandiri, Bank BTN, Medico Laboran, Rumah BUMN Purbalingga, DKPPPNI UHB, Harmony Sand, dan LBH Perisai Kebenaran.

Untuk kegiatan seminar kewirausahaan, peserta hadir dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa UHB, mahasiswa dari universitas lain, siswa SMA/SMK di Kabupaten Banyumas, hingga praktisi usaha.

Seminar ini dihadiri oleh 250 peserta secara offline dan akan menghadirkan tiga narasumber. Yakni Litya Surisdani Anggraeniko, S.H., M.H., dosen S1 Hukum UHB, yang membawakan materi tentang ‘Green Business’.

Muhammad Hanif Abdul Aziz, S.P., Project Developer PT. Maju Bersama Tambi, yang memaparkan topik ‘Mengembangkan dan Mempertahankan Usaha’. Dan terakhir, Juwita Febriyanti dari PT. Bank Mandiri yang menyampaikan materi tentang ‘Digital Marketing Industri Keuangan’.

Selain itu, pengunjung expo juga bisa mendapatkan cek kesehatan gratis dengan menunjukkan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan.

Dengan rangkaian kegiatan yang komprehensif ini, UHB berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan keterampilan dan jiwa kewirausahaan generasi muda, serta mendorong kolaborasi antara akademisi dan praktisi dalam menciptakan inovasi-inovasi baru di bidang bisnis dan kewirausahaan.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *