Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date16 February 2023 8:18 am
ByReza Rokhadi
Views209




Berita

FAST UHB Dominasi Kejuaraan Kaajendam IV/DIP Cup Archery Open 2023

Date16 February 2023 8:18 am
ByReza Rokhadi
Views209

Menjadi Juara Umum dengan Raihan 72 Medali

 

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto kembali menorehkan prestasi membanggakan di bidang non akademik. UHB melalui FAST UHB, berhasil menjadi Juara Umum pada gelaran event bertaraf nasional yang bertajuk "Kaajendam IV/DIP Cup Archery Open 2023". yang dilaksanakan pada 20-22 Januari 2023 lalu di GOR Satria Purwokerto.

Seperti diketahui, UHB tidak hanya konsen pada pengembangan akademik mahasiswa saja, tetapi juga berupaya memaksimalkan potensi non akademik dari masing-masing mahasiswa. Bahkan semangat tersebut ditularkan UHB kepada masyarakat di sekitaran kampus, baik Kampus I maupun Kampus II.

Salah satunya dengan pembinaan yang terus menerus melalui masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Namun lebih daripada itu, UHB juga memiliki beberapa klub atau komunitas yang dimaksudkan untuk menampung potensi atau bakat di luar Civitas Akademika UHB, seperti masyarakat sekitar.

FAST UHB menjadi satu contoh dari beberapa klub atau komunitas yang digalakkan UHB hingga saat ini. Untuk diketahui, FAST UHB sendiri merupakan klub atau komunitas di bidang olahraga, yakni panahan.

Berdiri sejak tahun 2014 lalu, FAST UHB tumbuh dan berkembang dengan berbagai torehan prestasi. Terakhir, FAST UHB menjadi Juara Umum dalam event bertaraf nasional yang bertajuk "Kaajendam IV/DIP Cup Archery Open 2023".

Wakil Rektor II Universitas Harapan Bangsa, Dr. Yuris Tri Naili, S.H., K.N., M.H., mengatakan prestasi ini menjadi langkah yang baik bagi UHB pada awal tahun 2023 ini. Harapannya melalui torehan ini, UHB bisa lebih meningkatkan prestasi-prestasi lainnya di sepanjang tahun 2023, baik prestasi akademik maupun non akademik.

Yuris menjelaskan FAST UHB sendiri berhasil menjadi juara umum di ajang Kaajendam IV/DIP Cup Archery Open 2023 dengan perolehan medali yang cukup signifikan. Yakni dengan perolehan total medali mencapai 72 medali, yang terdiri atas 29 medali emas, 26 medali perak, dan 17 medali perunggu. Jumlah itu jauh di atas pesaing lainnya, dimana posisi runner up hanya mendapat total 7 medali (4 emas, 1 perak, 2 perunggu) dan posisi tiga yang mendapat total 4 medali (4 emas).

"Ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan, dimana FAST UHB berhasil mendominasi perolehan medali. Apalagi peserta yang ikut serta dalam kejuaraan ini berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Total ada 89 klub panahan dari berbagai daerah yang mengikuti kejuaraan. Bahkan beberapa atlet pon hingga nasional ikut serta dalam kegiatan tersebut. Untuk diketahui, kejuaraan tersebut juga didukung penuh oleh UHB dan Perpani Kabupaten Banyumas.

"Ini kan kejuaraannya terbuka, jadi memang pesertanya dari berbagai daerah. Kebanyakan dari Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jakarta. Tapi beberapa daerah lain juga ikut andil," imbuh Yuris.

Terkait FAST UHB sendiri, Yuris menjelaskan, merupakan cabang dari FAST Jakarta Pulau Mas, sehingga pembinaannya memang tidak main-main. Menurutnya, potensi atau bakat yang baik dari atlet harus tetap dikembangkan melalui pembinaan yang serius.

"Kita ambil pelatih dari Jakarta. Karena tidak bisa dipungkiri, pelatih-pelatih dari kota-kota besar biasanya memiliki segudang pengalaman dan kemampuan dalam hal teknik dan ilmu. Tidak hanya berbagi pengalaman dan ilmu, pelatih panahan juga harus bisa menjadi teknisi (menyiapkan atau menyetel alat-alat untuk atlet sebelum digunakan). Karena karakter atlet kan berbeda-beda, jadi alatnya juga harus disesuaikan. Agar atlet juga nyaman. Selebihnya tinggal bagaimana atlet berusaha memenangkan pertandingan saat di lapangan," paparnya.

"Bukan hanya itu, di FAST UHB juga kita menekankan pembelajaran mengenai proses. Jadi tidak hanya hasil atau target yang dikejar, tetapi mengajarkan bagaimana proses seorang atlet sampai bisa meraih prestasi. Meskipun tidak bisa dipungkiri kalau prestasi itu menjadi tujuan akhir seorang atlet. Namun proses juga penting, terutama untuk memberikan pengertian mengenai usaha keras, baik kepada atlet maupun kepada orang-orang terdekat seperti keluarga," pungkasnya.(yur)

Panahan Kaajendam 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu