Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date18 December 2023 5:10 pm
ByLPM UHB
Views37




Berita

Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Harapan Bangsa Gelar Pelatihan SPMI dan AMI

Date18 December 2023 5:10 pm
ByLPM UHB
Views37

Universitas Harapan Bangsa melalui Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Harapan Bangsa menyelenggarakan pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI) pada Jumat 15 Desember 2024 sampai dengan Sabtu, 16 Desember 2023. Pelatihan dilaksanakan di Aula Gedung C2 Kampus 1 UHB dengan dihadiri oleh 46 peserta yang terdiri dari Jajaran Pimpinan Universitas Harapan Bangsa dan sebagian tenaga kependidikan.

Pada pelatihan kali ini, Universitas Harapan Bangsa menghadirkan narasumber sekaligus fasilitator ahli yang telah lama berkecimpung dalam bidang penjaminan mutu, yaitu Bapak Hari Prasetyo, ST., MT., Ph.D., yang saat ini menjabat sebagai Ketua Lembaga Jaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Fasilitator Wilayah SPMI dan AMI LLDikti VI.

Kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari kegiatan penjaminan mutu UHB sebelumnya yaitu Workshop Rencana Strategis UHB dan Rapat Kinerja Tahunan UHB. Kegiatan pelatihan SPMI dan AMI dengan mengusung tema “Menuju Penjaminan Mutu UHB yang Berkelanjutan” dilaksanakan secara komprehensif mencakup: pretest; penyampaian materi dan diskusi; simulasi audit dokumen dan audit lapangan; simulasi analisis temuan audit dan menyusun laporan audit; presentasi laporan hasil audit; serta posttest.

Hari pertama pelatihan, peserta diberi kesempatan untuk mengerjakan pretest yang disediakan oleh fasilitator, dilanjutkan dengan penyampaian materi secara intensif mencakup: materi tentang Kebijakan Penjaminan Mutu, teori Audit Mutu Internal, teori Perencanaan dan Pelaksanaan Audit Mutu Internal, serta teori Kode Etik Auditor. Peserta mengikuti pembekalan materi tersebut dengan antusias dan interaktif. Acara berikutnya adalah simulasi audit dokumen, peserta diberi kesempatan untuk menyiapkan daftar tilik untuk persiapan simulasi audit lapangan yang dilaksanakan pada pelatihan hari berikutnya.

Hari kedua pelatihan, peserta melaksanakan simulasi audit lapangan, peserta dibagi menjadi 7 kelompok, dan pada masing – masing kelompok ada yang berperan sebagai ketua tim auditor, anggota tim auditor, serta auditee. Setelah simulasi audit lapangan dilaksanakan, dilanjutkan dengan penyusunan laporan hasil audit oleh tim auditor, serta presentasi laporan hasil audit oleh masing-masing ketua auditor, kemudian diakhiri dengan mengerjakan posttest bagi seluruh peserta.

Rangkaian acara pelatihan SPMI dan AMI berjalan dengan lancar dan kondusif. Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta, maka bagi peserta terbaik dan kelompok terbaik diberikan kenang-kenangan, hal ini tentunya mampu menghadirkan suasana yang menggembirakan di penghujung acara pelatihan.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dalam melaksanakan audit bagi para peserta, sekaligus menambah jumlah auditor yang kompeten di lingkungan UHB. Kegiatan ini semestinya juga mampu menjadi bekal dalam persiapan pelaksanaan Audit Mutu Akademik Internal UHB yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2024 mendatang. Semoga dengan terlaksananya pelatihan SPMI dan AMI mampu mendukung perbaikan penjaminan mutu UHB yang berkelanjutan.

Images Gallery


LPM 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu