Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date4 August 2023 9:30 am
ByLPM UHB
Views366




Berita

Universitas Harapan Bangsa Gelar Workshop Peninjauan Visi Misi dan Penyusunan Renstra 2023-2028

Date4 August 2023 9:30 am
ByLPM UHB
Views366

Visi dan misi merupakan hal fundamental dalam penyelenggaraan suatu organisasi. Peninjauan berkala terhadap visi dan misi juga diperlukan, untuk memaksimalkan internalisasinya ke dalam setiap pergerakan organisasi. Sebagai perguruan tinggi yang tanggap terhadap perkembangan situasi dan senantiasa berupaya meningkatkan mutu, UHB menyadari bahwa persamaan persepsi mengenai visi dan misi sangatlah diperlukan agar civitas academica UHB memiliki komitmen yang kuat untuk bergerak menuju arah pembangunan yang sama.

Selain visi dan misi, rencana strategis (renstra) juga memiliki peranan penting dalam proses penyelenggaraan perguruan tinggi. Rencana strategis 5 (lima) tahun merupakan salah satu upaya mengembangkan pendidikan tinggi, sebagaimana termaktub pada Pasal 5 ayat (1) huruf c Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.

UHB memiliki dedikasi tinggi terhadap penyelenggaraan pelayanan pendidikan, baik melalui penguatan internal maupun mengagendakan program yang melibatkan pihak eksternal. Salah satu agenda akbar yang diselenggarakan oleh UHB tahun ini adalah "Workshop Peninjauan Visi Misi dan Penyusunan Renstra 2023-2028". Workshop tersebut dilaksanakan secara ber-series, dengan mengundang Dr. Hari Prasetyo, S.T., M.T., Ph.D. sebagai pembicara sekaligus konselor untuk peninjauan visi misi dan penyusunan renstra UHB tahun 2023-2028.

Series 1 dilaksanakan selama dua hari, mulai Senin 24 Juli 2023 sampai dengan Selasa, 25 Juli 2023 di Laboratorium Komputer Dasar Lantai 1 Kampus 2 UHB. Pada hari pertama, agenda workshop difokuskan membahas mengenai visi dan misi. Terdapat pemaparan materi mengenai visi dan misi dari pembicara, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan visi dan misi UHB. Visi UHB diperkuat kembali dengan mempertimbangkan efisiensi sosialisasi, penyeragaman persepsi, dan penyempurnaan tata bahasa, sehingga terbentuk rumusan visi UHB sebagai berikut "Pada tahun 2042 menjadi pusat unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan sumber daya manusia yang mandiri dan ber-budaya". Hasil rumusan visi tersebut kemudian diturunkan terhadap misi dan tujuan.

Selain membahas tentang visi dan misi, pada hari pertama juga terdapat pemaparan renstra UHB tahun 2018-2023 beserta ketercapaiannya oleh Ns. Murniati, S.Kep., M.Kep. selaku Wakil Rektor I UHB. Pembahasan mengenai renstra berlanjut di workshop hari kedua, pembicara memaparkan materi mengenai renstra, kemudian dilanjutkan bimbingan teknis untuk penyusunan renstra UHB tahun 2023-2028. Tentunya banyak arahan dan tips menarik yang diperoleh UHB dari pelaksanaan workshop series 1 ini.

Tidak berhenti hanya sampai workshop series 1 saja, segenap pemangku kepentingan dan jajaran pimpinan UHB langsung menindaklanjuti insight yang diperoleh dengan mengadakan bootcamp untuk menyusun renstra UHB tahun 2023-2028. Berkat semangat kerja yang kompak, kooperatif, dan harmonis, hanya dalam waktu 3 hari saja draf renstra UHB tahun 2023-2028 berhasil tersusun. Draf renstra terbaru kemudian dikonsultasikan kepada pembicara di workshop series 2 yang dilaksanakan pada Senin, 31 Juli 2023. Terdapat sedikit perbedaan dengan pelaksanaan workshop series 1, karena workshop series 2 diselenggarakan secara hybrid, dimana sebagian peserta berada di satu ruangan yang sama, sementara pembicara dan sebagian peserta lain bergabung melalui zoom, namun hal ini sama sekali tidak mengurangi antusiasme peserta dan esensi dari workshop tersebut.

Agenda pada workshop series 2 adalah mengonsultasikan draf indikator kinerja dari setiap tujuan yang telah disusun dan memastikan kembali bahwa indikator kinerja sudah sinkron dengan visi misi, serta sudah mengakomodir instrumen penilaian akreditasi. Terdapat berbagai masukan yang bisa menjadi bekal bagi UHB untuk kembali menyesuaikan indikator kinerjanya supaya lebih maksimal. "Saya rasa telah terjalin team work yang bagus", tutur pembicara sebelum workshop series 2 ditutup. Hal ini menjadi pemantik semangat bagi peserta workshop untuk bahu-membahu mewujudkan tataran Universitas Harapan Bangsa yang lebih bermutu dari waktu ke waktu.

Secara keseluruhan rangkaian acara workshop telah berjalan dengan lancar, hal ini diungkapkan oleh Ns. Indri Heri Susanti, S.Kep., M.Kep. selaku ketua pelaksana "Alhamdulillah workshop yang semula direncanakan selama 3 series dapat dilaksanakan dalam 2 series berkat materi, bimbingan, dan arahan dari pembicara yang aplikatif dan mudah dipahami. Selain itu, peserta sangat kooperatif dalam pelaksanaannya sehingga sangat membantu dalam tersusunnya Renstra UHB". Setelah terselesaikannya workshop ini beliau berharap visi dan misi UHB dapat tercapai melalui kegiatan tridharma oleh seluruh civitas academica dan renstra UHB dapat terimplementasikan sesuai target. 

Sukses selalu UHB, semoga segala cita-cita berhasil didapat dan kekompakan yang terjalin semakin erat. Terus semangat untuk mencetak generasi bangsa yang berbakat. 

Images Gallery


LPM 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu