Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date1 February 2024 10:00 am
ByLPM UHB
Views157




Berita

Universitas Harapan Bangsa Mengirimkan Partisipan pada Workshop Pengelolaan Data dan Informasi Melalui PDDikti

Date1 February 2024 10:00 am
ByLPM UHB
Views157

Rabu, 31 Januari 2024 - LLDikti wilayah VI menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Data dan Informasi melalui PDDikti. Acara tersebut dilaksanakan di MG Setos Hotel-Semarang dengan dihadiri oleh lebih dari 200 peserta undangan dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta yang terdapat di wilayah Jawa Tengah.

Workshop ini diselenggarakan sebagai bentuk implementasi Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi dan Peraturan BAN-PT Nomor 16 Tahun 2023 tentang Implementasi Mekanisme Automasi pada Akreditasi Program Studi. Sebagai perguruan tinggi swasta yang tanggap dan berperan aktif dalam mengikuti perkembangan pendidikan tinggi, Universitas Harapan Bangsa mengirimkan Iin Dyah I, S.E., M.M., selaku operator PDDikti UHB dan Shafira Nabila, S.H., selaku staf administrasi LPM UHB untuk menghadiri workshop tersebut.

Narasumber pada acara tersebut adalah Prof. Agus Setyo Muntohar, M.Sc., Ph.D., selaku Dewan Eksekutif BAN-PT dan Franova Herdiyanto, S.Kom., M.T.I., selaku Sesditjen DIKTI.

Prof. Agus Setyo Muntohar, M.Sc., Ph.D., memaparkan materi tentang Pemantauan dan Evaluasi Mutu Perguruan Tinggi (PEMPT), serta Pemantauan dan Evaluasi Mutu Program Studi (PEMPS), beliau menyampaikan terkait perubahan-perubahan yang harus diperhatikan terkait ketentuan dalam peraturan terbaru, BAN-PT juga tengah menyiapkan sistem baru yang dinamakan Sistem Pemutu, yang nantinya akan memudahkan proses akreditasi, adapun rencana kedepannya seluruh data akreditasi akan langsung diambil dari PDDikti sehingga tidak perlu mengisi borang seperti yang sebelumnya dilaksanakan. Sehingga data pada PDDIkti harus senantiasa diperbarui sesuai dengan ketentuan dan batas tanggal pelaporan, Perguruan tinggi bertanggung jawab untuk menjaga kualitas dan keaslian data.

Bapak Tio dari Ditjen Dikti, menjelaskan hal-hal yang bersifat teknis terkait pengelolaan data melalui PDDikti. Terdapat beberapa pelaporan yang harus dimutakhirkan diantaranya: Data MBKM, Data Satuan Manajemen Sumber Daya, Aktivitas Mengajar Dosen, Pelaporan Sarana dan Prasarana, serta Profil Mahasiswa. Peserta juga diberi kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan dan/atau keluhan yang berkaitan dengan PDDikti untuk dapat diberikan solusi mengatasi permasalahan tersebut.

Rangkaian acara workshop berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dalam melaksanakan pengelolaan data PDDikti, khususnya dalam rangka mendukung penjaminan mutu UHB yang berkelanjutan. Kegiatan ini semestinya juga mampu menjadi bekal dalam persiapan pelaksanaan akreditasi maupun re-akreditasi di lingkungan UHB.

Images Gallery


LPM 

Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu