Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date7 November 2022 8:54 am
ByReza Rokhadi
Views115




Berita

Yang Jauh Semakin Dekat, Yang Dekat Semakin Rekat

Date7 November 2022 8:54 am
ByReza Rokhadi
Views115

- FAST Gathering 2022 Diikuti Empat Angkatan dan Dosen Kampus 2 UHB

 

Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto, khususnya Kampus 2, selalu punya cara untuk merangkul seluruh civitas akademika di lingkungan kampus. Selain kelengkapan fasilitas dan suasana kampus yang nyaman, salah satu hal yang ditekankan UHB yakni rasa kekeluargaan, rasa memiliki satu sama lain, dan memupuk silaturahmi. Baik antar mahasiswa, mahasiswa dengan kampus, hingga mahasiswa dengan dosen.

Terbaru, Kampus 2 UHB melaksanakan kegiatan "Siang Keakraban" alias Sikrab bertajuk FAST Gathering 2022 di Gurau Camp Baturraden, pada tanggal 27 Oktober 2022. Tidak tanggung-tanggung, seluruh angkatan di Kampus 2 UHB ikut serta dalam kegiatan tersebut. Termasuk para dosen pengajar yang ikut meramaikan sekaligus mencairkan acara.

Rektor Universitas Harapan Bangsa (UHB), dr Pramesti Dewi, M.Kes., melalui Kaprodi Teknologi Informasi UHB, Imam Ahmad Ashari, M.Kom., mengatakan kegiatan FAST Gathering 2022 pada awalnya memang difokuskan pada mahasiswa baru di Kampus 2 UHB. Namun tingginya antusias mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini, maka sebanyak empat angkatan di Kampus 2 UHB turut disertakan.

"Pelaksanaannya juga bertepatan setelah UTS. Jadi sekalian untuk refreshing para mahasiswa," ungkapnya.

Sesuai dengan namanya yang mengusung tema keakraban, seluruh kegiatan yang dilakukan dalam FAST Gathering 2022 kemarin, dirancang agar para mahasiswa baru dapat berbaur dengan seluruh civitas akademika yang ada di Kampus 2 UHB.

"Yang awalnya mungkin hanya sebatas kenal atau melihat di kampus, lewat kegiatan ini bisa semakin akrab. Sehingga para mahasiswa baru merasa memiliki rumah kedua saat berkuliah di Kampus 2 UHB," jelasnya.

"Selain itu para dosen juga ikut serta dalam kegiatan FAST Gathering ini. Tujuannya agar mahasiswa baru tidak canggung dalam menempuh studi di UHB," imbuhnya.

Dijelaskan, untuk pemilihan waktu kegiatan yang dilakukan pada pagi hingga sore hari tersebut, sudah melalui berbagai pertimbangan. Diantaranya faktor cuaca serta beberapa faktor risiko lainnya.

"Kalau dibilang beda ya memang beda. Kalau kegiatan keakraban kan biasanya dilakukan pada malam hari. Namun dengan berbagai pertimbangan, kita pilih waktunya tidak malam hari untuk menghindari berbagai risiko. Tapi tetap dikonsep sesuai dengan tujuan kegiatan, yakni keakraban. Makanya disebut Sikrab, atau Siang Keakraban," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana FAST Gathering 2022, Ramadya Wahyu Dwinanto merinci ada sejumlah kegiatan yang dilakukan seluruh peserta "Sikrab". Diantaranya fun games, baik games individu maupun games kelompok.

"Untuk pembagian kelompok pun dilakukan secara acak. Artinya antara angkatan yang satu dengan yang lain memiliki keterwakilan di masing-masing kelompok. Tujuannya agar para mahasiswa baru bisa cair dengan kakak tingkat (kating). Kalau sudah saling akrab kan suasana kampus juga semakin nyaman," katanya yang merupakan mahasiswa semester 5 Prodi S1 Informatika UHB.

Selain itu, Lanjut Rama, ada kegiatan sharing session bersama dosen-dosen UHB Kampus 2, seperti metode pembelajaran hingga ilmu-ilmu dasar yang berkaitan dengan sistem pembelajaran di Kampus 2 UHB. Tujuannya, agar para mahasiswa baru bisa maksimal dalam mengikuti kegiatan perkuliahan. Termasuk memberikan motivasi dan gambaran peluang kerja yang bisa diambil pasca lulus dari UHB.

"Harapannya mahasiswa baru tidak hanya akrab dengan kakak tingkat, tetapi juga akrab dengan dosen. Sehingga terjalin komunikasi yang baik untuk menunjang prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik," jelasnya.

Satu hal lagi yang menarik dalam kegiatan FAST Gathering 2022, yakni kegiatan tukar hadiah yang diikuti seluruh peserta. Ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dari masing-masing individu, sekaligus sebagai kenang-kenangan kegiatan keakraban untuk setiap peserta.

"Hadiah yang disiapkan setiap peserta bebas alias tidak ditentukan. Hanya saja untuk nominal harganya dibatasi yakni hanya Rp 15 ribu," pungkasnya. (yur)

Images Gallery



Prev/Next News




© 2023 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu