UHB NEWS

UHB Purwokerto Lakukan Skrining Kesehatan Pelajar di Puskesmas Purwokerto Timur 2

PURWOKERTO – Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto tidak henti-hentinya memberikan kontribusi kepada masyarakat. Hal itu sebagai salah satu pengamalan Tri Dharma Universitas, yakni pengabdian masyarakat.

Kali ini baik mahasiswa maupun dosen Fakultas Kesehatan UHB ikut serta dalam Program Penjaringan Kesehatan dan Pemeriksaan Berkala Anak Sekolah di wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Timur 2.

Sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan tingkat kabupaten kota yang diatur dengan Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Kesehatan dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dilakukan kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala untuk anak sekolah.

Penjaringan kesehatan merupakan suatu prosedur pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang dapat mengganggu
proses belajar dan tumbuh kembang anak.

Ketua Lembaga Kemahasiswaan dan Alumni UHB Purwokerto, Tin Utami, SST, S.Kep. Ners, M.Kes., menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu program dari Puskesmas Purwokerto Timur 2. Dalam program tersebut Puskesmas Purwokerto Timur 2 juga menggandeng UHB Purwokerto untuk berpartisipasi dalam kegiatan pemeriksaan berkala anak sekolah di wilayahnya.

“Kita jemput bola ke masing-masing sekolah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada para siswa. Sasarannya yakni siswa SMP dan SMA sederajat. Untuk waktu pelaksanaannya, yakni sejak awal September hingga akhir September mendatang,” jelasnya.

Tin Utami melanjutkan, kegiatan tersebut juga menjadi poin positif bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Kesehatan UHB, tentunya untuk universitas sendiri.

“Selain menjadi pengalaman bagi mahasiswa, juga bisa menjadi sarana para dosen untuk dapat melaksnakan tugas Tri Dharma. Di sisi lain, kegiatan itu juga bisa menjadi sarana untuk mengenalkan kampus UHB Purwokerto kepada para siswa, terutama siswa SMA sederajat yang akan beranjak menjadi mahasiswa,” jelasnya.

Terpisah, Kaprodi S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Tri Sumarni, S.Kep, Ners, M.Kep., menambahkan dalam pelaksanaan kegiatan Penjaringan Kesehatan dan Pemeriksaan Berkala Anak Sekolah tersebut, mahasiswa dan dosen Fakultas Kesehatan UHB terbagi menjadi beberapa tim pemeriksaan.

“Untuk jadwal sudah dikoordinasikan dengan Puskesmas Purwokerto Timur 2. Sehingga nantinya masing-masing tim dari UHB Purwokerto langsung bergerak ke masing-masing sekolah,” jelasnya.

Tri Sumarni menjelaskan, untuk total siswa atau pelajar yang diperiksa mencapai 14 ribu pelajar. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi Tensi, TB, BB, Lingkar Lengan Atas bagi Siswi, Lingkar Perut, Kebersihan Kuku dan Rambut, Hb, dan Gula Darah
.

Rinciannya, untuk pelaksanaan kegiatan penjaringan dilakukan pada kelas 7 dan 10 anak didik baru tahun ajaran 2023/2024 dan pemeriksaan berkala kelas 8-9 dan 11-12.

Untuk seluruh siswi putri akan diberikan tablet tambah darah, serta untuk kelas 7 dan 10 putri akan dilakukan pemeriksaan hemoglobin. Untuk seluruh siswa kelas 7-9 dan 10-12 akan dilakukan pemeriksaan gula darah.

“Tujuan kegiatan ini yakni, deteksi dini masalah kesehatan pada remaja sesuai program dari Puskesmas Purwokerto Timur 2,” tutupnya. (yur)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *