Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date14 March 2024 3:20 pm
ByKUIP
Views85




125 Civitas Akademika UHB Ikuti Skrining Kesehatan Mata dalam Program Kampus Sehat

Date14 March 2024 3:20 pm
ByKUIP
Views85

- Kolaborasi Posbindu UHB dan Rumah Sakit Khusus Mata Purwokerto

PURWOKERTO - Dalam menggalakkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mata dan upaya pencegahan penyakit tidak menular (PTM), Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Universitas Harapan Bangsa (UHB) telah menggelar kegiatan skrining kesehatan mata bekerja sama dengan Rumah Sakit Khusus Mata Purwokerto, Kamis (29/2/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembentukan Kampus Sehat, yang bertujuan untuk memantau dan mencegah faktor risiko PTM di kalangan civitas akademika UHB. Tercatat sebanyak 125 civitas akademika turut serta dalam kegiatan skrining mata tersebut.

Rektor UHB, Dr. Yuris Tri Naili, S.H.,KN., M.H., melalui Dosen UHB, Fauziah Hanum NA, SST., M.Keb, mengatakan kolaborasi antara UHB dan Rumah Sakit Khusus Mata Purwokerto ini menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mata dan kesehatan secara umum di lingkungan kampus.

"Melalui kegiatan skrining ini, diharapkan masalah kesehatan mata dapat terdeteksi lebih dini dan dapat ditangani dengan cepat," ungkapnya.

Selain skrining mata, juga dilakukan skrining kesehatan lainnya seperti skrining tekanan darah dan lingkar perut. Hal itu juga untuk mengetahui sejauh mana kesehatan masing-masing civitas akademika UHB.

Hanum menambahkan, hasil skrining pada kegiatan skrining kesehatan mata tersebut akan langsung ditindaklanjuti melalui pemeriksaan mendalam di Rumah Sakit Khusus Mata Purwokerto.

"Terutama civitas akademika yang memiliki atau menunjukkan masalah mata pada hasil skriningnya. Seperti rabun jauh atau dekat, mata kering, atau gangguan lainnya," lanjut Hanum. 

Pentingnya pengawasan kesehatan secara menyeluruh juga ditekankan dalam kegiatan Posbindu UHB. Hal ini terlihat dari pengawasan rutin tekanan darah, diabetes, kolesterol, dan parameter kesehatan lainnya yang akan dipantau setiap satu bulan sekali.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para civitas akademika UHB dapat lebih peduli terhadap kesehatan mereka dan melakukan tindakan preventif yang diperlukan," harapnya.

Kolaborasi antara UHB dan Rumah Sakit Khusus Mata Purwokerto dalam kegiatan skrining kesehatan mata dan kesehatan secara umum ini, juga menjadi contoh nyata upaya bersama dalam menciptakan lingkungan kampus yang sehat dan peduli akan kesehatan.

"Untuk menyehatkan masyarakat, kita harus sehat dulu dari diri kita sendiri. Itulah yang dilakukan UHB saat ini. Dengan menciptakan lingkungan kampus yang sehat, maka akan lebih mudah ke depannya untuk merangkul masyarakat untuk terlibat dalam kepedulian terhadap kesehatan. Salah satunya lewat pengabdian masyarakat," pungkasnya. (*)


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu