Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date17 November 2022 8:35 am
ByReza Rokhadi
Views53




Berita

Kuliah Nyaman di UHB Kampus 2 dengan Konsep Futuristik dan Instagramable

Date17 November 2022 8:35 am
ByReza Rokhadi
Views53

Universitas Harapan Bangsa (UHB) terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Terutama dalam rangka membentuk dan mempersiapkan lulusan yang terampil dan memiliki skill yang mumpuni untuk dapat diaplikasikan, baik dalam dunia kerja maupun kehidupan bermasyarakat.

Bentuk pengembangan Universitas Harapan Bangsa, salah satunya dengan membangun UHB Kampus 2 yang berada di Jalan KH Wahid Hasyim Rt 01 Rw 02, Karangklesem, Purwokerto Selatan, yang sudah diresmikan Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein pada 25 Agustus 2022 lalu.

Untuk diketahui, UHB Kampus 2 menjadi alternatif baru bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Lalu apa saja yang ada di UHB Kampus 2? Dan apa bedanya dengan UHB Kampus 1 yang berada di Jalan Raden Patah No.100, Kedunglongsir, Ledug, Kembaran?

Wakil Rektor II Universitas Harapan Bangsa, Dr. Yuris Tri Naili, S.H., K.N., M.H., mengatakan secara umum dua kampus UHB tersebut tidak berbeda dengan kampus-kampus lainnya. Hanya saja untuk UHB Kampus 1 lebih difokuskan untuk Fakultas Kesehatan. Sementara untuk UHB Kampus 2 menyediakan alternatif lain di luar bidang kesahatan. Yakni Fakultas Sains dan Fakultas Ilmu Sosial.

Total ada tujuh (7) Program Studi (Prodi) yang ditawarkan di UHB Kampus 2. Yakni Prodi S1 Ilmu Komputer/Informatika, Prodi S1 Teknologi Informasi, dan Prodi S1 Sistem Informasi yang masuk dalam Fakultas Sains.

"Sementara empat prodi lainnya masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial, yakni Prodi S1 Hukum, Prodi S1 Akuntansi, Prodi S1 Manajemen, dan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris," ungkapnya.

WR II Yuris menambahkan, di UHB Kampus 2, para mahasiswa ditawarkan dengan konsep bangunan dan ruangan yang futuristik. Hal itu menurutnya menjadi salah satu komitmen UHB untuk menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, tenang dan menyenangkan. Ditambah dengan konsep modern yang selalu mengikuti gaya-gaya kekinian generasi milenial yang dekat dengan media sosial.

"Selain fasilitasnya yang lengkap, ada beberapa spot kampus yang instagramable, yang bisa diakses seluruh mahasiswa untuk menunjang pembelajaran. Belum lagi beberapa fasilitas seperti akses point yang bisa dimanfaatkan mahasiswa. Termasuk konsep ruang yang nyaman untuk interaksi mahasiswa maupun civitas akademika di UHB Kampus 2," paparnya.

Terpisah, Dekan Fakultas Saintek Universitas Harapan Bangsa (UHB), Anggit Wirasto, S.Si., M.Eng. mengatakan meski baru diresmikan pada bulan Agustus 2022 lalu, namun operasional UHB Kampus 2 sudah berjalan sejak tahun 2019. Hal itu didasarkan pada Perubahan Akreditasi Universitas Harapan Bangsa pada tahun 2018.

"Total sampai tahun 2022 ini sudah ada empat angkatan mahasiswa yang mengikuti studi di UHB Kampus 2," katanya.

Lebih lanjut, UHB Kampus 2 juga kembali membuka peluang bagi calon mahasiswa baru untuk bergabung lewat Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang I yang sudah dibuka sejak 17 Oktober 2022 sampai dengan 31 Januari 2023 mendatang.

Khusus untuk Fakultas Sains, Dekan Anggit menjelaskan seluruh prodi yang ditawarkan sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini. Oleh karena itu, studi-studi yang nantinya akan diterima mahasiswa maupun calon mahasiswa dipastikan akan bisa diterapkan langsung, baik di dunia kerja maupun untuk memberikan manfaat ke masyarakat.

Kaprodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Harapan Bangsa, Retno Agus Setiawan, S.Kom., M.T. menjelaskan untuk Prodi S1 Ilmu Komputer/Informatika, mahasiswa akan lebih difokuskan pada pembuatan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Sedangkan untuk Prodi S1 Sistem Informasi, akan lebih difokuskan pada analisis dan pengembangan sistem (aplikasi), yang lebih mengarah kepada teknologi yang dapat menunjang bisnis atau perusahaan.

"Untuk Prodi S1 Teknologi Informasi, mahasiswa akan difokuskan pada tata kelola teknologi informasi yang lebih spesifik pada jaringan," ujarnya.

Sementara untuk prodi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial, sejauh ini Prodi S1 Manajemen masih menjadi favorit di UHB Kampus 2.

"Jadi bagi lulusan SMA/SMK sederajat bisa langsung mendaftarkan diri ke Kampus 2 UHB ini, sesuai dengan jurusan yang diinginkan," pungkasnya. (yur)

Images Gallery



Prev/Next News




© 2022 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu