Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date14 May 2024 2:41 pm
ByKUIP
Views40




BeritaTeknologi

Prodi Sistem Informasi UHB Sukses Gelar AI Mini Kompetisi

Date14 May 2024 2:41 pm
ByKUIP
Views40

PURWOKERTO - Prodi S1 Sistem Informasi Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto bersama dengan MUGI Purwokerto sukses menyelenggarakan AI Mini Kompetisi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan tools-tools basic kepada para pelajar agar bisa mengembangkan kreativitas melalui artificial Intelligence (AI).

Menurut Kaprodi S1 Sistem Informasi UHB, Retno Agus Setiawan, S.Kom., M.T., kegiatan ini juga sebagai upaya promosi Prodi S1 Sistem Informasi UHB kepada para pelajar yang nantinya akan melanjutkan jenjang pendidikannya di tingkat universitas atau perguruan tinggi.

"Generasi pelajar saat ini sudah sangat dekat dengan teknologi berbasis AI. Oleh karena itu, perlu ada pembelajaran dan bimbingan lebih lanjut, agar teknologi tersebut bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, khususnya membantu peserta didik untuk belajar," ujar Retno.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori, yakni AI-Mini Project Contest dan Azure Poster Contest. Pada AI-Mini Project Contest, juara yang berhasil menarik perhatian juri yakni karya dari Irwansyah Agus S, Lilian Cempaka Ningsih, Rendy Derasyana Rifi (SMK Negeri 1 Purwokerto), Anindita Asha H (SMA Negeri 1 Patikraja) dengan judul proyek "Sistem pendeteksi bahasa isyarat berbasis machine learning".

Lalu dua karya lainnya yakni, karya dari Dista Putri Utami, Intan Nur Rahma, Fanny Ramadhani, Gendhis Syesaria (SMK Negeri 1 Purwokerto) yang menjadi karya terbaik kedua. Serta karya terbaik 3 yang diraih tim dari Nailah Arieta, Farida Nur Hijriyah, Athalia Zabrina, Felisya Embun G (SMA Negeri 4 Purwokerto).

Jumlah peserta AI-Mini Project Contest mencapai 110 siswa yang terbagi menjadi 30 kelompok dari 21 sekolah di wilayah Banyumas, Purbalingga, dan Cilacap.

Adapun sekolah yang mengirimkan peserta dalam kompetisi ini antara lain MAN 1 Banyumas, MAN 2 Banyumas, MAN 2 Cilacap, SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga, SMA Negeri 1 Patikraja, SMA Negeri 1 Purwokerto, SMA Negeri 1 Rawalo, SMA Negeri 2 Purbalingga, SMK Negeri 2 Purbalingga, SMA Negeri 2 Purwokerto, SMA Negeri 3 Purwokerto, SMA Negeri 4 Purwokerto, SMA Negeri Ajibarang, SMK Al Mua'lim Cilacap, SMK Kesatrian Purwokerto, SMK Muhammadiyah 1 Paguyangan, SMK Mulyahusada, SMK N 1 Banyumas, SMK Negeri 1 Purwokerto, SMK Negeri 2 Purwokerto, dan SMK Negeri 3 Purwokerto.

"Harapannya, karya-karya terbaik dari kompetisi ini bisa berlanjut ke ajang Microsoft Imagine Cup Junior 2024, atau kompetisi lain dengan skala yang lebih besar. Rencananya, kompetisi serupa akan digelar pada bulan Juni-Juli 2024 mendatang," kata Agus.

Selain AI-Mini Project Contest, juga diadakan kompetisi Azure Poster Contest yang diikuti oleh 44 peserta mahasiswa. Para juara dari kompetisi ini yakni Adam Faturrohman, Rachman Hidayat (Informatika UHB) sebagai juara pertama.

Lalu ada Nur Choerun Nisa dan Dwita Urip Natasa (Sistem Informasi UHB), serta Anisa Febriyani (Sistem Informasi UHB), yang menyabet juara kedua dan ketiga.

Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan dapat memacu minat dan kreativitas generasi muda Indonesia dalam mengembangkan teknologi AI dan Azure, serta membawa nama baik bangsa di kancah internasional.


Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu