Universitas Harapan Bangsa
UHB News

UHB News


Information

Date13 May 2024 9:46 am
ByKUIP
Views39




Berita

Universitas Harapan Bangsa (UHB) Gelar Monitoring dan Evaluasi Program Studi untuk Penjaminan Mutu

Date13 May 2024 9:46 am
ByKUIP
Views39

PURWOKERTO - Universitas Harapan Bangsa (UHB) kembali menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Studi sebagai bagian dari upaya penjaminan mutu. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yakni pada tanggal 30 April 2024 dan dilanjutkan pada 2-3 Mei 2024 di Kampus 2 UHB.

Kegiatan Monev tersebut menjadi bagian agenda tahunan Universitas Harapan Bangsa dengan melibatkan tim Monev yang terdiri dari perwakilan Yayasan Pendidikan Dwi Puspita, Jajaran Rektorat Universitas Harapan Bangsa, dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UHB.

Tim Monev ini bertugas untuk mengevaluasi 13 Program Studi yang ada di UHB. Yakni 5 Program Studi di Fakultas Ilmu Kesehatan, yang terdiri atas Program Studi S1 Ilmu Keperawatan dan Program Studi S1 Profesi Ners Farmasi, serta Program Diploma 4 Keperawatan Anestesiologi Sarjana Terapan, Program Diploma 3 Keperawatan, dan Program Diploma 3 Kebidanan.

Lalu adapula masing-masing 4 Program Sarjana di 2 Fakultas yakni Fakultas Saint dan Fakultas Ilmu Sosial. Dengan rincian 4 Program Sarjana di Fakultas Saint yang terdiri atas Prodi Ilmu Komputer/Informatika (S-1), Prodi Teknologi Informasi (S-1), Prodi Sistem Informasi (S-1), dan Prodi Kimia (S-1).

Sementara untuk prodi di Fakultas Ilmu Sosial terdiri atas Prodi Hukum (S-1), Prodi Akuntansi (S-1), Prodi Manajemen (S-1), dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (S-1).

Untuk rangkaian kegiatan monev dimulai dengan pemaparan hasil kinerja Program Studi selama 1 semester, kemudian dilanjutkan dengan evaluasi dari Yayasan, Rektorat, dan LPM.

Evaluasi tersebut berupa pertanyaan, saran, dan kritik untuk meningkatkan kualitas Program Studi. Kegiatan ini diakhiri dengan penentuan tindak lanjut terhadap temuan-temuan yang disepakati.

Rektor UHB, Dr. Yuris tri Naili, S.H., KN., M.H., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP) dalam penjaminan mutu Program Studi.

"Harapannya adalah agar pencapaian target kinerja Prodi semakin terukur, jelas, dan bermanfaat," ujarnya.

Terpisah, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu UHB, Ns. Indri Heri Susanti, S. Kep., M. Kep., menambahkan bahwa setiap Prodi akan diberikan batas waktu untuk menindaklanjuti temuan-temuan yang didapatkan selama Monev.

Tindak lanjut tersebut akan diawasi oleh LPM agar sesuai dengan target waktu yang ditetapkan. "Kami juga siap mendampingi Prodi jika terdapat kendala dalam pelaksanaannya," kata Ns. Indri.

Dengan adanya kegiatan Monev ini, diharapkan mutu Program Studi di UHB semakin meningkat dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. (yur)

Images Gallery



Prev/Next News




© 2024 - www.uhb.ac.id Universitas Harapan Bangsa - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu